Pelatihan Guru Online Satu Persen: Inovasi dan Kreativitas

Guru
Product Satu Persen
31 Jan 2023

Pendidikan merupakan salah satu faktor penting dalam pembangunan negara. Oleh karena itu, kualitas pendidikan harus selalu dijaga dan ditingkatkan. Salah satu cara untuk meningkatkan kualitas pendidikan adalah dengan meningkatkan kualitas pengajaran guru. Untuk melakukan itu, penting bagi guru untuk diberikan pelatihan offline maupun pelatihan online secara berkala.

Pelatihan guru online Satu Persen, berkolaborasi dengan Life Skills ID, adalah program yang dikembangkan untuk membantu guru dalam meningkatkan kualitas pengajarannya. Pelatihan yang diberikan beragam, mulai dari metode pengajaran, soft skill untuk guru seperti kepemimpinan, komunikasi asertif, manajemen waktu dan produktivitas, dan masih banyak pelatihan lainnya.

Mengapa Penting untuk Menjadi Guru yang Inovatif dan Kreatif?

Salah satu topik pelatihan guru online yang Satu Persen tawarkan adalah pelatihan untuk menjadi guru yang inovatif dan kreatif. Inovasi dan kreativitas adalah dua hal yang sangat penting dalam dunia pendidikan. Menurut Sally Lanni, kepala sekolah Pheasey Park Farm Primary School, menemukan cara kreatif dan inovatif untuk melibatkan murid dalam belajar sangatlah penting. Jika murid menikmati pembelajaran mereka, maka mereka lebih cenderung mengingat apa yang telah diajarkan kepada mereka. Sekolah harus menjadi tempat yang menyenangkan dan pendekatan kreatif di kelas berjalan seiring dengan ini. Sally menambahkan bahwa murid harus didorong untuk berinovasi. Pemecahan masalah dunia nyata adalah keterampilan abad ke-21 dan sesuatu yang penting bagi murid untuk dapat melakukannya secara efektif agar berhasil di dunia modern.

Inovasi dalam metode pembelajaran dapat membuat proses belajar menjadi lebih menyenangkan dan efektif. Misalnya, dengan menggunakan teknologi, guru dapat menyajikan materi pembelajaran dalam bentuk yang lebih interaktif dan menarik. Contoh yang menarik dilakukan seorang guru matematika dari Delamere Academy di Tarporley, Inggris bernama Lucy Bate. Lucy mengaplikasikan pengajaran inovatif dan kreatif dengan membuat pelajaran matematika menjadi menyenangkan. Lucy mengajak para muridnya ke lapangan sekolah dan mengatur mereka untuk berdiri dalam berbagai formasi selagi Lucy memotret mereka menggunakan drone dari ketinggian. Cara ini berhasil membuat murid Lucy sangat tertarik dan bahkan berpotensi tidak akan melupakan pelajaran unik itu!

daftar-iht-1-9

Apa yang Akan Guru Pelajari dalam Pelatihan Guru Inovatif dan Kreatif?

Dengan mengikuti pelatihan guru ini, para guru akan mendapatkan inovasi atau metode baru yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa, serta meningkatkan kreativitas dalam pengajaran. Menurut sebuah riset yang dipublikasikan oleh Vilnius Gediminas Technical University, inovasi dalam pendidikan mendorong guru dan siswa untuk mengeksplorasi, mempelajari, dan menggunakan semua alat untuk mengungkap sesuatu yang baru. Ini melibatkan cara yang berbeda dalam memandang masalah dan memecahkannya.

Selain membuat pembelajaran menjadi menyenangkan, mengikuti pelatihan ini dapat membuat guru belajar tentang teknologi pendidikan. Guru akan belajar tentang cara menggunakan berbagai macam perangkat teknologi, seperti komputer, tablet, dan smartphone, untuk meningkatkan proses pembelajaran. Para guru juga akan belajar bagaimana untuk menggunakan teknologi dengan baik dalam pembelajaran, serta menemukan cara-cara baru untuk menarik perhatian siswa dan membuat materi pelajaran lebih menarik. Hasilnya, baik guru maupun murid akan sama-sama diuntungkan. Guru akan merasa puas karena inovasi mengajar yang dilakukan membuat murid semangat dalam belajar, dan para murid akan senang karena mereka dapat belajar dengan cara yang unik dan membuat antusias.

Materi Dibawakan Ahli, Cocok untuk Mengajar Generasi Z!

Program pelatihan guru online Satu Persen juga didesain oleh ahli dengan sedemikian rupa dan akan dibawakan oleh Psikolog yang ahli di bidangnya, sehingga para guru dapat belajar dari yang terbaik. Materi pelatihan yang disajikan sangat relevan dengan kondisi murid yang saat ini dipenuhi oleh generasi Z. Selain itu, program ini juga dapat disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan sekolah, sehingga pelatihan yang diberikan dapat mengatasi masalah yang dialami secara spesifik oleh para guru.

Baca juga artikel Program Pelatihan Guru Terbaik dan Cocok Untuk Mengajar Gen Z!

Satu Persen menyediakan pelatihan yang dikemas dalam bentuk seminar dua arah untuk memastikan para guru dapat tetap berinteraksi aktif dengan pelatih meskipun secara online. Selain itu, ada juga sesi role play, dimana para guru dapat secara langsung memperagakan beberapa metode pengajaran dan akan mendapatkan umpan balik secara langsung oleh pelatih. Selain itu, program ini juga dilengkapi dengan latihan pre dan post assessment, untuk mengetahui pengetahuan guru sebelum dan sesudah pelatihan, serta worksheet dan guidebook untuk memastikan guru dapat mengaplikasikan pengetahuan yang didapatkan dalam kelas.

daftar-iht-2-9

Materi Pelatihannya Berbasis Kasus dan Aktivitas, Loh!

Salah satu fitur unggulan dari pelatihan guru online ini adalah pembelajaran yang berbasis kasus. Guru akan belajar dengan menyelesaikan berbagai kasus yang diambil dari situasi nyata di kelas. Dengan cara ini, guru dapat langsung menerapkan metode yang didapatkan dari pelatihan ke dalam pengajaran sehari-hari. Tidak hanya studi kasus, pelatihan ini juga menyediakan beragam aktivitas kreatif untuk guru. Guru akan belajar cara menggunakan teknologi dalam pengajaran, cara menyusun materi ajar yang menarik, serta cara mengelola kelas yang efektif. Dengan menggunakan metode inovatif dan kreatif, guru akan mampu meningkatkan minat dan motivasi siswa dalam belajar.

Jika Anda adalah seorang guru atau tim kurikulum sekolah, jangan lewatkan kesempatan ini untuk meningkatkan kualitas pengajaran diri Anda atau guru-guru di sekolah Anda! Daftarkan sekolah Anda sekarang juga di pelatihan guru online Satu Persen dan dapatkan kesempatan untuk menjadi guru-guru yang inovatif dan kreatif. Satu Persen juga menyediakan pelatihan bagi siswa. karyawan sekolah hingga karyawan perusahaan baik secara online maupun offline. Ayo ikuti pelatihan guru online Satu Persen sekarang juga dan rasakan perbedaannya! Daftarkan guru-guru di sekolah Anda melalui link di bawah ini:

https://satu.bio/daftariht-blog

Masih ragu? Silahkan hubungi tim kami untuk info lebih lanjut:

‪+62 882-9762-5596‬ (Margareth, Whatsapp)

+62 851-7317-1568 (Sheila, Whatsapp)


Referensi:
https://teach-now.co.uk/the-role-of-creativity-and-innovation-in-teaching/
https://acerforeducation.id/edukasi/guru-kreatif/
https://www.researchgate.net/publication/350762036_BEING_AN_INNOVATIVE_AND_CREATIVE_TEACHER_PASSION-DRIVEN_PROFESSIONAL_DUTY

Bagikan artikel

Disclaimer

Jika Anda sedang mengalami krisis psikologis yang mengancam hidup Anda, layanan ini tidak direkomendasikan.

Silakan menghubungi 119.