Panduan Psikolog Atasi Stress di Umur 20-an

Stress
Almira Novelia Damayanti
6 Feb 2023

Halo, namaku Mira dan aku adalah Blog Writer di Satu Persen. Kali ini kamu bakal ngebahas soal mengatasi stress. Stay tune dan baca sampe abis ya, biar kamu bisa dapet keseluruhan insight-nya!

Panduan Psikolog Atasi Stress di Umur 20-an
Satu Persen - Stress 

Mari kamu hadapi itu, tumbuh dewasa itu sulit. Transisi dari masa kanak-kanak ke masa dewasa terjadi lebih cepat karena kehidupan terus meningkat dan dunia terus berubah. Dari pengambilan keputusan yang kompleks tentang jalur karir dan hubungan sosial hingga tugas-tugas yang lebih biasa seperti memasak dan membayar tagihan, perpindahan dari masa remaja ke masa dewasa dapat tampak luar biasa.

Jika kamu merasa tersesat atau menemukan diri kamu berjuang dengan harapan "dewasa", jangan khawatir - panduan psikolog untuk menjadi dewasa ada di sini untuk membantu!

Baca terus untuk tips, keterampilan, dan wawasan yang akan membuat transisi kamu lebih lancar, sehingga kamu dapat mengatasi tantangan kedewasaan dengan percaya diri dan keberanian.

Daftar Isi

  1. Konsep Kedewasaan
  2. Peran Psikolog dalam Kedewasaan
  3. Tahap Perkembangan Kedewasaan
  4. Cara Mengatasi Tantangan Kedewasaan
  5. Kesimpulan

Konsep Kedewasaan

Kedewasaan adalah bagian penting dari kehidupan tidak peduli berapa usia kamu. Ini adalah kemampuan untuk mengenali, menerima, dan tumbuh dari situasi yang berbeda – baik dan buruk – yang membuat kamu menjadi diri kamu sendiri. Kedewasaan juga mempengaruhi kepercayaan, tanggung jawab personal, semangat memaafkan, dan efektivitas komunikasi dalam setiap hubungan (keluarga, pertemanan, dan pasangan).

Konsep kedewasaan penting karena ia dapat membantu kamu untuk mencapai tujuan hidup dengan cara yang lebih baik. Kedewasaan juga dapat membantu orang untuk beradaptasi dengan lingkungannya dengan lebih baik dan mendorong mereka untuk bertindak secara bertanggung jawab. Dengan demikian, konsep kedewasaan penting bagi kamu agar dapat tumbuh dan berkembang secara positif.

Di setiap tahap kehidupan, kedewasaan menghadirkan tantangan uniknya sendiri. Dari masa dewasa yang muncul hingga transisi paruh baya, masing-masing dapat datang dengan rintangan yang membutuhkan keberanian dan kekuatan untuk diatasi. Ini bisa berupa apa saja mulai dari keputusan sulit tentang perguruan tinggi atau jalur karier hingga berurusan dengan hubungan dan stresor keuangan.

Kuncinya adalah untuk mengingat bahwa tidak apa-apa untuk meminta bantuan dari sumber luar — seperti teman, keluarga, atau psikolog — sehingga kamu dapat terus menjalani hidup dengan cara yang positif.

Kamu dapat berkonsultasi dengan Psikolog Satu Persen untuk membahas permasalahan ataupun keraguan mengenai beranjak dewasa. Psikolog kami dapat membantumu!

Blog--12-1

Peran Psikolog dalam Kedewasaan

Ketika kamu beralih dari masa kanak-kanak ke masa dewasa, itu bisa menjadi pengalaman yang luar biasa. kamu akan sering merasa seperti sedang menghadapi situasi yang tidak dikenal dan bahkan menakutkan yang tidak kamu ketahui cara menanganinya. Itulah mengapa sangat membantu untuk konseling dengan  psikolog – mereka dapat membantu kamu lebih memahami diri sendiri dan dunia di sekamur kamu.

Konseling dengan psikolog menawarkan sudut pandang objektif dan memiliki pelatihan khusus dalam membantu memikirkan masalah dan membuat keputusan yang akan membantu kamu menjadi lebih dewasa dan sehat secara emosional.

Konseling dapat memberikan banyak manfaat, seperti kesempatan untuk mengembangkan keterampilan mengatasi masalah dan mengatasi pikiran atau perilaku yang tidak bermanfaat. Konseling juga membantu dalam mengembangkan kemampuan menyelesaikan masalah dan menawarkan cara yang praktis dan mendukung untuk mengelola stres.

Tahap Perkembangan Kedewasaan

Saat menjalani hidup, kedewasaan adalah sesuatu yang membantu kamu tumbuh dan berkembang. Ini adalah proses, dan salah satu yang unik bagi diri masing-masing. Dari masa kanak-kanak hingga dewasa, tingkat kedewasaan berubah, dan penting untuk memahami tahapan perkembangannya sehingga dapat saling mendukung dan mendorong dengan lebih baik.

Pada usia dini, otak kamu yang sedang berkembang mempelajari dasar-dasar perilaku sosial, mulai dari berteman hingga berbagi mainan. Pada masa kanak-kanak menengah, pemikiran yang lebih abstrak mulai muncul, serta peningkatan kemandirian dari orang tua.

Masa remaja tidak hanya berarti perubahan fisik dan hormonal, tetapi juga rasa otonomi, tanggung jawab, dan individualitas yang tumbuh. Selama masa dewasa muda, hubungan menjadi lebih kompleks, dan kamu mulai mengembangkan ikatan yang lebih dalam dengan orang lain.

Akhirnya, dalam kehidupan dewasa, kedewasaan penuh dicapai saat kamu mengambil peran seperti merawat anak-anak dan memimpin rumah tangga.

Pada setiap tahap perkembangan kamu menghadapi tantangan baru, tetapi kamu juga memiliki kesempatan untuk mempelajari pelajaran penting. Kamu  dapat menunjukkan kekuatan dan ketahanan ketika menghadapi rintangan dan membuat keputusan yang bijaksana ketika disajikan dengan pilihan. Dengan mendorong pertumbuhan dan kedewasaan yang sehat sepanjang hidup, mempersiapkan diri—dan orang-orang di sekamur untuk sukses.

Kamu juga dapat mempelajari lebih dalam mengenai kedewasaan dengan menonton video “Tua Sudah, Dewasa Sudah Belum?” dari Satu Persen.

Satu Persen - Tua Sudah Dewasa Sudah Belum?

Cara Mengatasi Tantangan Dewasa

Ketika dewasa, seseorang mungkin merasa bahwa ada banyak hal yang harus dilakukan tetapi ia tidak memiliki cukup waktu untuk itu. Untuk mengatasi tantangan-tantangan yang datang dengan hidup dewasa, ada beberapa cara yang dapat dilakukan.

Pertama, kuatkan niat di dalam diri. Kedua, buatlah perencanaan sebelum memulai perjuangan. Ketiga, tentukan strategi jitu. Keempat, atur fokus agar tetap berada di jalur yang benar. Kelima, usahakan untuk tetap bergerak.

Keenam, fokuskan pada tujuan akhir dan jangan terlalu terpaku pada masalah-masalah kecil. Ketujuh, temukan akar permasalahan dan carilah solusinya. Kedelapan, jangan membesar-besarkan masalah. Kesembilan, sadari bahwa ini adalah fase yang normal dan lakukan self-love untuk menghadapi quarter-life crisis. Terakhir, carilah dukungan dari lingkungan yang tepat untuk mendapatkan motivasi dan semangat baru untuk menghadapi tantangan dewasa.

Kamu juga bisa berkonsultasi dengan Psikolog untuk membantu memberi arahan untuk mengatasi tantangan di masa dewasa.

Kesimpulan

Mencapai kedewasaan dapat menjadi proses yang penuh tantangan, namun dengan dukungan yang tepat dan kesadaran diri yang baik, kamu dapat mengatasi tantangan tersebut dan mencapai kedewasaan dengan sukses. Mendapatkan bantuan dari seorang psikolog dapat sangat bermanfaat dalam mengatasi tantangan dewasa, seperti mengembangkan keterampilan mengatasi masalah, mengatasi pikiran atau perilaku yang tidak bermanfaat, dan mengelola stres.

Kesadaran diri juga sangat penting dalam mengelola dan mengatasi tantangan kedewasaan. Memahami diri sendiri, emosi dan perasaan kamu, serta bagaimana kamu bereaksi dalam situasi yang menantang dapat membantu kamu untuk menemukan cara yang efektif untuk mengatasi masalah yang dihadapi.

Secara keseluruhan, mencapai kedewasaan dapat menjadi proses yang menantang, namun dengan dukungan yang tepat dan kesadaran diri yang baik, kamu dapat mengatasi tantangan tersebut dan mencapai kedewasaan dengan sukses. Jangan ragu untuk mencari bantuan dari seorang psikolog jika perlu, karena ini dapat membantu kamu untuk mengatasi masalah yang kamu hadapi dan mencapai kedewasaan yang sehat dan bahagia.

Kamu dapat berkonsultasi dengan Psikolog Satu Persen untuk membantumu mengatasi masalah mengenai kedewasaan ini. Jangan ragu dan takut untuk berkonsultasi demi mencapai kedewasaan dengan baik!

CTA-konseling-11

Referensi

Psi Dewasa. (n.d.). Eprints.umsida.ac.id. http://eprints.umsida.ac.id/1271/1/PSI%20Dewasa.pdf

Quarter life crisis: ketika tumbuh dewasa tak seindah yang dibayangkan. (n.d.). Psikologi.unnes.ac.id. https://psikologi.unnes.ac.id/quarter-life-crisis-ketika-tumbuh-dewasa-tak-seindah-yang-dibayangkan

Understanding Psychotherapy. (n.d.). American Psychological Association. https://www.apa.org/topics/psychotherapy/understanding

What are the benefits of therapy. (2021, June 24). Psych Central. https://psychcentral.com/blog/what-are-the-benefits-of-therapy

Bagikan artikel

Disclaimer

Jika Anda sedang mengalami krisis psikologis yang mengancam hidup Anda, layanan ini tidak direkomendasikan.

Silakan menghubungi 119.