Panic Disorder: Atasi Gangguan Panik yang Ganggu Aktivitasmu

Kesehatan Mental
Gabriel Luciana
29 Okt 2021
Panic Disorder - Panic Attack
Satu Persen - Atasi Gangguan Panik yang Ganggu Aktivitasmu

Perseners, kalian pasti udah ngga asing lagi kan sama sensasi “panik”? Entah panik karena lupa kalau hari ini ada ulangan matematika, panik sebelum presentasi, panik karena belum ngerjain PR, dan lain sebagainya. Tapi, kalian tau ngga sih, istilah panic attack?

Mungkin kalian sebenarnya ada yang udah pernah ngalamin, tapi ngga tau kalau kejadian itu disebut panic attack.  Biar kalian lebih paham apa itu panic attack, aku bakal coba jelasin lewat pengalaman pribadiku, ya.

Jadi, aku ngalamin yang namanya panic attack pertama kali waktu presentasi di depan kelas pas kuliah. Kalau dipikir-pikir, harusnya presentasi udah bukan hal yang baru lagi buat aku saat itu. Aku udah berkali-kali presentasi di depan kelas dengan lancar, mau sendirian ataupun kelompok. Tapi di hari itu aku benar-benar nge-blank, jantung rasanya berdebar kayak mau copot, rasanya oksigen tuh ngga nyampe ke paru-paru, badanku keringetan, dan gemetaran.

Baca juga: Mengenal Panic Attack dan Cara Mengatasinya

Aku waktu itu ngga tau apa yang terjadi sama aku dan jadi takut sendiri. Sejak saat itu aku jadi takut banget setiap kali mau presentasi. Ternyata ketakutan luar biasa yang kualami ini malah bikin kondisiku makin parah karena kejadian itu berulang kali terjadi lagi.

Nah, panic attack yang terjadi berulang kali itu namanya panic disorder. Dan hal itu yang bakal aku bahas di artikel kali ini! Tapi sebelum lanjut ke pembahasan, kenalin aku Gaby, Part-time Blog Writer Satu Persen!

Apa Itu Panic Attack dan Panic Disorder?

panic attack - panic disorder
Cr: imgflip.com

Panic attack adalah suatu kondisi di mana seseorang tiba-tiba mengalami ketakutan dan ketidaknyamanan yang intens. Hal ini terjadi karena adanya pikiran bahwa sesuatu yang buruk seperti ancaman dan bahaya akan segera terjadi.

Contohnya, kamu mau jawab pertanyaan dari gurumu tapi kamu takut salah dan ditertawakan sama teman-temanmu. Kamu jadi terus berpikir tentang itu sampai-sampai ketakutan menguasai diri kamu dan kamu jadi merasa ngga nyaman atau tegang.

Perasaan ini biasanya sangat intens dan diikuti oleh beberapa gejala fisik dan mental. Sebenarnya gejala fisik panic attack bisa dibilang mirip dengan gejala serangan jantung. Menurut Diagnostic and Statistical Manual for Mental Disorder, edisi ke-5 atau DSM-V mengatakan bahwa paling tidak seseorang dikatakan terkena panic attack jika mengalami empat dari tiga belas gejala.

So, apa aja sih gejala panic attack? Jantung berdebar atau detak jantung cepat, berkeringat, gemetar, sesak napas atau sensasi tercekik, perasaan tersedak, nyeri dada atau rasa ketidaknyamanan, mual atau sakit perut, merasa pusing, merasa lepas dari diri sendiri atau kenyataan, takut hilang kendali atas kontrol diri, takut mati, mati rasa atau sensasi kesemutan, dan menggigil.

Gejala-gejala panic attack tersebut bisa berlangsung selama 20-30 menit. Seringkali orang mengalami serangan panik atau panic attack ini satu sampai dua kali dalam hidup. Tapi, kalau kamu udah ngalamin panic attack berulang kali atau ada perasaan takut kalau kamu bakal ngalamin panic attack lagi suatu hari nanti. Itu tandanya mungkin kamu mengalami panic disorder atau gangguan panik.

panic attack
Cr: ahseeit.com

Apa yang Membuat Risiko Mengalami Panic Attack Meningkat?

Penyebab dari panic attack emang belum bisa dipastikan karena para ahli pun ngga tau kenapa orang bisa mengalami panic attack. Tapi, ada hal yang bisa membuat risiko kamu mengalami panic attack jadi meningkat. Apa aja tuh? Yuk, baca penjelasan di bawah ini!

1. Riwayat keluarga

Para ahli percaya kalau gangguan panik atau panic attack dipengaruhi oleh genetika atau riwayat keluarga dan berisiko lebih tinggi terkena panic disorder. Meskipun begitu, cuma karena kamu punya kerabat dengan panic disorder, ngga berarti kamu bakal kena juga. Faktor lingkungan punya peran dalam meningkatkan risiko terkena panic disorder.

2. Masalah kesehatan mental

Orang yang punya gangguan kecemasan, depresi, atau penyakit mental lainnya lebih rentan terkena serangan panik atau panic attack. Kenapa? Karena kondisi mentalnya sendiri udah ngga sehat.

Kalau kondisi mentalnya ngga sehat, risiko buat kena penyakit mental lainnya bakal lebih tinggi. Sama aja kayak orang yang lagi kecapekan dan kondisi badannya ngga fit, lebih gampang ketularan penyakit daripada orang yang sehat.

3. Masalah penyalahgunaan zat

Kalau yang ini pasti Perseners udah tau, ya. Konsumsi alkohol berlebih dan kecanduan narkoba bukan cuma bisa merusak fisik kita tapi juga bisa meningkatkan risiko terkena panic attack. Jadi, Perseners jangan sampai mengonsumsi dua hal itu, ya!

Cara Mengatasi Panic Disorder atau Gangguan Panik

Ngerasain panic attack berulang kali dan dihantui rasa takut kalau suatu saat perasaan ngga nyaman itu bakal tiba-tiba muncul pasti ngga enak banget. Aku tau kok. Makanya, kali ini aku bakal kasih tau gimana cara mengatasi panic disorder atau gangguan panik.

1. Cognitive-behavioral therapy (CBT)

Cognitive behavioral therapy adalah sebuah psikoterapi yang bakal ngebantu kamu buat menyadari pikiran dan sensasi yang bisa memicu terjadinya panic attack. Kamu bakal dihadapkan pada gejala atau situasi yang bisa memicu panic attack secara bertahap. Jadi, kamu bisa menguasai rasa cemas dan panik kamu.

Gimana caranya? Kamu bakal diminta oleh terapis buat rileks, mengatur napasmu, dan membayangkan hal-hal yang membuat kamu merasa cemas. Mulai dari hal yang paling ngga menakutkan sampai yang paling menakutkan. Cara ini bisa mengurangi rasa ngga berdaya kamu dengan cara mengenali dan mengganti pikiran yang menyebabkan kamu merasa panik.

2. Latihan self-care

Kamu bisa rutin berolahraga, makan makanan yang sehat, dan tidur cukup buat mengurangi stres yang bisa memicu munculnya panic attack. Kamu bisa berolahraga setidaknya 30 menit dalam sehari. Lalu, jangan lupa diimbangi dengan makan makanan bergizi seimbang yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, dan vitamin. Terakhir, kamu juga harus atur pola tidurmu dengan tidur setidaknya 7-9 jam.

3. Pengobatan

Cara lainnya buat mengatasi panic disorder adalah dengan meminum obat. Kamu bisa mengonsumsi selective serotonin reuptake inhibitors atau SSRI dan serotonin dan norepinephrine reuptake inhibitors atau SNRI. Kedua obat ini biasa digunakan untuk mengobati kecemasan. Obat ini aman dan ngga bersifat adiktif atau ketergantungan.

Walaupun kamu udah tau obatnya, akan lebih baik kalau kamu juga konsultasi dengan terapis kamu buat menemukan pengobatan terbaik.

Selain cara di atas, kamu juga bisa konsultasi lewat Konseling Online Satu Persen kalau kamu udah mulai merasakan gejala panic attack seperti yang dijelasin di atas atau pernah mengalami beberapa kali panic attack. Jadi, nantinya kamu bisa ditangani secara cepat dan tepat oleh psikolog dari Satu Persen!

Kalau kamu pengen tau lebih lengkap dan mencoba layanan konseling ini, kamu bisa langsung aja klik di bawah ini, ya!

CTA-Blog-Post-06-1-6

Kalau kamu masih ragu untuk mengikuti konseling, coba ikut tes konsultasi dulu yuk supaya kamu tahu layanan yang tepat untuk kamu.

Segitu dulu dari aku, sampai ketemu di artikel selanjutnya, ya!

Referensi:

Psychology Today Staff. (2021, 19 August). Panic Disorder. Retrieved on October 14 , 2021 from https://www.psychologytoday.com/us/conditions/panic-disorder

American Psychiatric Association. (2013, 18 May). Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders, fifth edition. Retrieved on October 14, 2021 from http://repository.poltekkes-kaltim.ac.id/657/1/Diagnostic%20and%20statistical%20manual%20of%20mental%20disorders%20_%20DSM-5%20%28%20PDFDrive.com%20%29.pdf

Raspolich, J. (n.d). Are Panic Disorders Genetic or Hereditary? Retrieved on October 14, 2021 from https://vistapineshealth.com/treatment/panic-disorders/genetic/

Psych Hub. (2020, 8 January). What is Panic Disorder? https://www.youtube.com/watch?v=iHEWj9POttY

Osmosis. (2016, 2 March). Panic disorder - panic attacks, causes, symptoms, diagnosis, treatment & pathology. https://www.youtube.com/watch?v=YxELZyA2bJs

Bagikan artikel

Disclaimer

Jika Anda sedang mengalami krisis psikologis yang mengancam hidup Anda, layanan ini tidak direkomendasikan.

Silakan menghubungi 119.