Laki-Laki Pakai Skin Care = Wajar?

Artikel Terbaik
Ocky Jhon
21 Sep 2023

Baru-baru ini gue sering lihat banyak berita soal banyak berita yang kayaknya rada judgemental ke laki-laki ya. Ada menfess gini yang kayaknya beberapa minggu sekali muncul. Ada cowok, pake skincare buat ngerawat kulitnya, malah dibilangin banci atau dibilang gak sepantasnya banget.

Gak cuma skincare aja, bahkan di tahun 2015 lalu, pas Twitter ganti tombol star jadi love buat kategori tweet favorite. Banyak orang, dominasi nya laki-laki, yang protes kalau mereka ngerasa aneh banget buat nge-love tweet cowok lain.

Terus gue juga jadi bingung. Sebenernya yang keitung laki-laki jadi “laki” banget apa sih?

Apakah gue laki banget kalau gue bilang gue cuci muka pake air aja? Atau apakah gue tetep laki kalau gue muji idol kpop atau aktor korea ganteng?

Kalau lo penasaran kenapa buat jadi “laki-laki” jadi ada kriterianya tertentunya, stay tune di artikel ini biar lo dapet ilmunya secara lengkap ya.

Fragile Masculinity

Gue bakal mulai penjelasan hari ini dengan memperkenalkan lo sebuah istilah buat bisa ngejelasin ini semua, namanya Fragile Masculinity. Dan sebagian besar dari video ini bakal ngambil sudut pandang sosiologi dan antropologi buat kenapa hal ini bisa terjadi ya.

Kalau didefinisikan, fragile masculinity adalah kecemasan yang dirasakan oleh laki-laki yang ngerasa mereka nggak se-maskulin yang diharapkan oleh budaya dan lingkungan sosial di sekitar mereka. Kayak seakan-akan kalau mereka nggak memenuhi standar tertentu, mereka tuh bukan laki-laki.

Yang dikategorikan sebagai maskulin apa aja? Mungkin bisa dilihat dari bersikap asertif, selalu percaya diri mengambil risiko, nggak mau keliatan cewek-cewekan atau feminin, sampai ke bahkan menunjukkan dia yang terkuat dari kekerasan. Atau mungkin ada hal-hal lain yang gue miss.

Kayak contoh di awal tadi. Kalau ada cowok yang pakai skincare malah dikatain nggak sepantasnya cowok tuh pake moisturizer. Atau gak sepantasnya cowok pake sunscreen; padahal dua-duanya itu adalah hal buat ngerawat kulit lo biar lebih sehat.

Nggak jarang gue lihat banyak cowok yang langsung marah atau agresif pas dibilangin kalau apa yang mereka lakukan tuh nggak cowok banget. Atau bahkan, respon dari orang lain yang langsung asumsikan hal-hal yang belum tentu bener soal diri mereka. Kayak klip ini nih.

Jadi kasarnya, fragile masculinity ini ada karena seakan-akan konsep maskulinitas itu punya standar tertentu yang harus banget dipenuhi. Dan pas nggak memenuhi standar itu, mereka ngerasa kalau mereka gagal jadi laki-laki.

Kayak tadi misalnya. Cowok itu nggak boleh pake skincare biar kulitnya bersih, soalnya kayak cewek ntar. Atau cowok nggak boleh jadi babysitter karena aneh banget cowok sama anak kecil. Itu kan kerjaan cewek?

Fakta Tentang Maskulinitas

Ada penelitan dilakukan oleh dua peneliti dari Florida yang nemuin kalau pada dasarnya, cowok itu lebih cemas soal maskulin mereka daripada cewek soal feminin mereka.

Di konteks ini, cewek itu diasumsikan tumbuh seiringan dengan feminitas mereka. Beda kalau cowok, dimana mereka sering banget ditemuin kerja keras biar sisi maskulinnya keliatan dan harus diakui oleh orang lain terlebih dulu.

Jawaban buat alasan panjangnya ini bisa dijelasin dari sudut pandang budaya.

Di risetnya juga dijelasin kalau hampir di semua budaya, cowok punya kebiasaan buat nentuin standar apa yang bisa disebut maskulin dan apa yang enggak. Kayak misalnya di upacara budaya yang menunjukkan laki-laki itu udah dewasa, mereka harus nunjukkin kekuatan, keberanian, dan ketangguhan yang sedemikian rupa.

Kayak di budaya Jepang dulu kalau orang mau jadi samurai, mereka perlu keluar dari ngelilingin negara itu selama bertahun-tahun, dan baru habis itu mereka bisa dipekerjakan sebagai samurai. Nah upacara kayak ginian yang bisa menunjukkan ketangguhan dan mendapatkan pengakuan.

Tapi sekarang, upacara pembuktian ketangguhan kayak gitu udah nggak ada lagi, jadi nggak heran banyak cowok yang nggak tau gimana caranya buat ngebuktiin sisi maskulin mereka dan buat diakui juga. Makanya hal ini mengarah ke rasa cemas yang muncul kalau maskulinitas mereka tuh nggak memenuhi standar.

Jadi, nggak heran banget kalo fragile masculinity yang muncul dan nggak sering akhirnya berdampak negatif ke berbagai macam aspek kehidupan.

Dari bukunya Politics of Masculinities: Men in Movements, Michael Messner bilang kalau seringkali fragile masculinity ini bisa ngaruh ke kesehatan fisik yang buruk, usia yang lebih singkat, sampai ke kualitas hubungan sosial yang nggak mendalam.

Lho kalau gitu, sebenarnya hal ini wajar banget gak sih? Atau kok bisa sampai segininya?

Kalau ditanya wajar atau enggak, jawaban gue: wajar.

Karena kita nyerap informasi dari berbagai macam hal, dari sosialisasi dari orang tua, teman, guru, sampai ke apa yang kita lihat dari lingkungan sekitar kita dan media. Jadi, agak susah buat benar-benar membuktikan sebenarnya kenapa fragile masculinity ini bisa sampai segitunya.

Kita coba balik lagi ke pembahasan awal deh: skincare dan grooming. Orang pada bilang kalau cowok pakai skincare atau sekedar menjaga penampilan diri tuh aneh banget, nggak kayak cowok pada umumnya. Dan sebenarnya salah satu alasannya adalah mungkin kita jarang ngeliat cowok yang skincare-an itu di TV atau media pada umumnya.

Kalau ada pun, nggak jarang mereka juga diperlihatkan sisi-sisi yang menggambarkan non-maskulinnya. Dan ini dibuktikan oleh beberapa penelitian. Kayak penelitian tahun 2018 yang bilang: representasi di media mempengaruhi bagaimana seseorang mikir, merasa, serta berperilaku; tentunya dengan memenuhi sebuah standar tertentu.

Makanya kalau dulu karena mungkin belum banyak orang yang merhatiin grooming diri karena belum banyak representasi di media. Tapi sekarang udah mulai ada perkembangan.

Lo mulai lihat banyak orang yang nyuarain pentingnya buat ngejaga kesehatan dan grooming di media. Lo mulai liat banyak cowok, baik yang Idol Kpop atau yang orang biasa mulai promosiin skincare dan grooming di film, drama, ataupun iklan di media sosial. Akhirnya, mulai banyak orang yang ngejaga penampilan diri biar lebih oke. Toh, kesehatan kulit juga kan ya?

Terus apa yang bisa kita lakukan sih sebagai laki-laki biar masculinity kita nggak mudah rapuh atau fragile gitu?

Well, sebenarnya nggak ada jawaban yang benar buat ngelawan hal ini.

Tapi lo selalu bisa ngelakuin hal pertama adalah: maskulinitas lo itu ya tetap valid, apapun bentuk dan pikiran diri lo saat ini. Jadi yang bilang kalau cowok tuh punya standar tertentu buat bilangin dia laki-laki; yakinin diri lo kalau itu muncul karena sosial dan budaya. Gak ada yang saklek atau fix-nya yang wajib banget lo ikutin.

Lo juga bisa mulai buat nerima lo apa adanya sekarang. Lo bisa buat tetap upgrade diri lo, tapi kalau level lo saat ini cuma bisa segini ya; nggak apa-apa juga. Balik lagi ke diri lo sendiri.

Tapi kalau sampai akhir artikel ini pun, lo masih ngerasa kalau kayaknya susah banget lo ngeyakinin diri lo, mungkin lo bisa cari bantuan ke pihak yang lebih paham. Kayak layanan Satu Persen misalnya.

Dan itu jawaban yang kedua: Nggak ada modul yang saklek gimana lo harus jalanin hidup lo. Kalau lo ngerasa udah nyaman cuci muka pakai sabun seadanya dan so far nggak ada breakout jerawat atau bisul gitu? Ya gapapa.

Tapi kalau lo pakai sabun batangan terus ternyata bruntusan dan lo mau coba pakai skincare yang lebih kompleks dengan tujuan kulit lo lebih sehat: ya gapapa juga.

Gue cuma berharap lo nggak lagi mempertanyakan maskulinitas lo pas ngelakuin sesuatu yang mungkin termasuk jarang dilakukan sama cowok. Kayak misalnya ternyata setelah pake sabun batangan, muka lo beruntusan. Terus lo direkomendasiin pakai skincare buat ngobatin jerawat atau bruntusan itu. Ya pake aja. Toh, skincare sama salepnya kan buat kesehatan kulit lo juga kan?

Selain itu, kalau wajah lo bersih, rambut lo rapi, pakaian lo juga udah oke; kemungkinan besar lo buat jadi lebih pede itu lebih gede. Jadi, kenapa gak mulai dari sekarang?

Gue Jhon dari Satu Persen, thanks.

Bagikan artikel

Disclaimer

Jika Anda sedang mengalami krisis psikologis yang mengancam hidup Anda, layanan ini tidak direkomendasikan.

Silakan menghubungi 119.