Kunci Utama Agar Bahagia di Tempat Kerja

Karir
Ocky Jhon
20 Sep 2023

Saat pertama kali masuk ke dunia kerja biasanya kita merasa antusias banget untuk memulai pekerjaan pertama kita, apalagi pekerjaan yang memang udah jadi passion kita dari dulu. Tapi, seiring berjalannya waktu, rasa antusiasme itu mulai menghilang perlahan dan akhirnya kamu mulai menyadari satu hal, “kok aku gak merasa bahagia ya di tempat kerja?”.

Tenang, kamu gak sendirian kok. Ada banyak orang di luar sana yang juga merasakan hal yang sama dengan kamu; jenuh dan gak bahagia di tempat kerja. Alasan-alasan setiap orang merasa kurang bahagia pun berbeda-beda, seperti merasa kurang nyaman dengan bos ataupun rekan kerja, pekerjannya kurang challenging alias gitu-gitu aja, merasa kurang diapresiasi, burnout, stres dan masih banyak lagi.

Bahagia di Tempat Kerja

Berdasarkan penelitian, pekerja yang bahagia biasanya bisa menjalankan pekerjaan yang produktif sehingga akan berdampak pada meningkatkan produktivitas, baik secara individu maupun perusahaan.

Hal ini karena saat kita merasa bahagia, pikiran kita jadi lebih ‘plong’ jadi bisa mengalir banyak ide-ide kreatif dan kita jadi lebih baik dalam problem-solving dan decision-making. Sehingga gak heran kalau penelitian menunjukkan, pekerja yang bahagia cenderung menunjukkan tingkat produktivitas tinggi, punya ide-ide baru dan inovatif.

Selain itu, pada dasarnya merasa bahagia di tempat kerja memang merupakan faktor utama dalam motivasi dan produktivitas. Bahagia sebagai salah satu bentuk emosi positif yang kita rasakan dapat mengurangi stres, memungkinkan kita untuk berpikir lebih lancar dan membuat kita jadi termotivasi untuk beraktivitas lebih.

Nah lalu gimana cara kita meningkatkan rasa bahagia di tempat kerja?

Ada 4 kunci utama yang waijb kamu pahami dan terapkan saat bekerja untuk bisa meningkatkan rasa bahagia di tempat kerja.

Pertama, Purpose atau Tujuan. Coba refleksikan nilai-nilai yang ada dalam diri kamu dan tentukan tujuan apa yang ingin kamu capai. Hal ini akan membuat kamu tahu apa yang kamu mau dan apa yang harus kamu lakukan untuk mencapai tujuan itu, sehingga pada akhirnya kamu akan menemukan kebermaknaan dalam bekerja.

Kedua, Engagement atau Keterikatan. Ini sangat berhubungan dengan seberapa terlibatnya dan terikatnya‘perasaan’ kita di tempat kerja. Merasa ‘terikat’ dengan pekerjaan kita dapat membuat kita merasa lebih nyaman dan enjoy saat bekerja.

Ketiga, adalah Resilience atau Ketangguhan. Kegagalan dan kekecewan sangat mungkin terjadi saat kita bekerja, sehingga kita harus bisa beradaptasi dan belajar dari hal itu. Saat kita tahu harus apa dalam mengatasi kegagalan dan kekecewaan, kamu akan merasa lebih ‘baik’ dan bahagia dalam bekerja.

Dan yang terakhir, Kindness atau Kebaikan. Kamu bisa mulai berbagi kebaikan di tempat kerja dengan hal-hal kecil seperti selalu ramah kepada rekan kerja dan menawarkan bantuan saat ada yang kesulitan.

Dengan berbagi kebaikan akan menciptakan ikatan sosial yang saling mendukung antara kamu dan orang lain di tempat kerja dan juga menciptakan atmosfer yang menyenangkan sehingga kamu juga akan ikut merasa lebih bahagia.

Tapi di sisi lain, kamu juga harus tahu batasan. Jangan sampai kamu terlalu berlebihan membantu orang lain sehingga pekerjaan kamu sendiri jadi terbengkalai, oke?

Nah itu dia 4 kunci utama yang wajib kamu inget untuk kamu merasa lebih bahagia di tempat kerja.

Sekian artikel ini semoga bisa memberikan Kamu insight di tempat kerja ya!

Jika perusahaan Kamu butuh jasa in house training kami hadir untuk membantu Kamu melalui pelatihan SDM yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan, organisasi, dan pemerintahan.

Jika Anda perwakilan dari perusahaan, NGO, atau pemerintahan, Anda dapat menghubungi Margareth di +62 882-9762-5596‬ (WhatsApp).

Untuk organisasi dan kemahasiswaan, Anda dapat menghubungi Sheila di +62 851-7317-1568 (WhatsApp).

Bagikan artikel

Disclaimer

Jika Anda sedang mengalami krisis psikologis yang mengancam hidup Anda, layanan ini tidak direkomendasikan.

Silakan menghubungi 119.