Kesehatan Mental: Psikolog Online untuk Self Care

Kesehatan Mental
Almira Novelia Damayanti
31 Jan 2023

Halo, namaku Mira dan aku adalah Blog Writer di Satu Persen. Kali ini kamu bakal ngebahas soal self care dengan psikolog online. Stay tune dan baca sampe abis ya, biar kamu bisa dapet keseluruhan insight-nya!

Kesehatan Mental: Psikolog Online untuk Self Care
Satu Persen - Self Care

Kesehatan mental adalah bagian penting dari kesejahteraan diri secara keseluruhan dan dapat memengaruhi cara berpikir, merasakan, dan bertindak dalam kehidupan kita sehari-hari. Jika kamu merasa perlu dukungan ekstra untuk meningkatkan kesehatan mentalmu, kenapa gak coba jadikan konseling sebagai bagian dari self care?

Kabar baiknya adalah ada banyak pilihan dalam hal konseling, dari konseling langsung hingga sesi konseling online. Jadi mari kita lihat beberapa langkah sederhana yang dapat kamu ambil untuk mencari bantuan.

Bergabunglah dengan kami mengenai mengapa konseling harus menjadi bagian penting dari rencana self care kamu. Mari mulai perjalanan ini bersama-sama!

Daftar Isi

  1. Apa itu Self Care?
  2. Self Care dan Kesehatan Mental
  3. Peran Konseling dalam Kesehatan Mental
  4. Mengidentifikasi Kebutuhan Kesehatan Mental
  5. Peran Konseling dalam Self Care
  6. Kesimpulan

Apa itu Self Care?

Self care adalah praktik kamu yang merawat kesehatan mereka sendiri dengan menggunakan pengetahuan dan informasi yang tersedia bagi mereka. Menurut World Health Organization (WHO), self care adalah proses pengambilan keputusan yang memberdayakan kamu untuk merawat kesehatan mereka sendiri.

Everyday Health mendefinisikan self care sebagai tindakan untuk merawat kebutuhan kesehatan fisik dan emosional, termasuk kebersihan, gizi, dan mencari perawatan medis ketika diperlukan.

Self care juga dapat meliputi aktivitas seperti kesadaran, teknik relaksasi, dan manajemen stres. Intoxicating Beauty mengidentifikasi 5  pilar self care, fisik, mental, emosional, spiritual, dan sosial.

Untuk mempelajari lebih lanjut mengenai self care, kamu dapat menonton video “Bagaimana Seharusnya Kita Memperlakukan Diri Sendiri” dari Satu Persen.

Satu Persen - Bagaimana Seharusnya Kita Memperlakukan Diri Sendiri

Self Care dan Kesehatan Mental

Merawat diri sendiri tidak egois - itu penting untuk kesehatan mental. Melakukan rutinitas self-care telah terbukti secara klinis untuk mengurangi atau menghilangkan kecemasan dan depresi, mengurangi stres, meningkatkan kebahagiaan, dan lainnya. Self-care juga dapat membantu kamu beradaptasi dengan perubahan, membangun hubungan yang kuat, dan pulih dari kegagalan.

Prinsip self-care melibatkan peningkatan kesadaran diri yang dapat membantu kamu mengenali pola emosi kamu, termasuk situasi yang mungkin memicu masalah mental. self care membantu kita terhubung kembali dengan diri kita sendiri, mengidentifikasi kebutuhan kita dan mengelola kesejahteraan emosional kita.

Baik itu beristirahat dari pekerjaan untuk berjalan-jalan, atau hanya memanjakan diri kamu dengan sesuatu yang baik - meluangkan waktu untuk diri sendiri dapat membantu kamu memulihkan keseimbangan dan perspektif.Jangan lupa untuk menambahkan momen-momen kecil self care ke dalam hari kamu - dengan begitu, kamu akan mulai merasa lebih mengendalikan hidup kamu sendiri dan mampu melewati masa-masa sulit.

Peran Konseling dalam Kesehatan Mental

Konseling kesehatan mental merupakan bagian penting dari rencana kesehatan mental karena dapat membantu kamu untuk memahami akar masalah kesehatan mental dan mulai bekerja pada pola pikir yang lebih sehat yang mendukung kehidupan sehari-hari dan mengurangi risiko isolasi dan kerusakan diri.

Konseling juga dapat menyediakan tempat yang aman bagi kamu  untuk berbicara tentang masalahmu, mengajarkan strategi coping atau teknik self-help yang sehat, dan membantu  untuk menemukan solusi untuk masalah kamu sendiri. Konseling juga dapat memiliki banyak manfaat lain. Ini dapat membantu meningkatkan mood, mengobati penyakit mental, mengurangi biaya medis, meningkatkan komunikasi dan hubungan, dan mempromosikan harga diri dan daya tahan.

Ini juga dapat membantu klien untuk membangun kembali harga diri mereka, menyatukan kembali hubungan pribadi, dan membuka diri pada kemungkinan untuk merasakan manfaat dari konseling kesehatan mental. Selain itu, konseling seperti pengalaman edukatif di mana kamu dapat belajar lebih banyak tentang diri mereka sambil memperoleh keterampilan baru.

Bagi kamu yang masih mempelajari seputar konseling, kamu dapat mencari tahu dari layanan Konseling Satu Persen. Kamu dapat melihat pilihan psikolog, fitur, maupun testimoni dari layanan kami.

Blog--10

Mengidentifikasi Kebutuhan Kesehatan Mental

Dalam hal kesehatan mental, meluangkan waktu untuk mengidentifikasi kebutuhan kamu dan membuat rencana tindakan sangat penting. Bagaimanapun, kesejahteraan mental kita dapat berdampak besar pada banyak aspek kehidupan kita. Mulai dari hubungan kita dengan teman dan keluarga, hingga kualitas hidup kita secara keseluruhan.

Jadi bagaimana kamu membuat rencana yang efektif? Pertama-tama, penting untuk berbicara dengan psikolog yang dapat membantu kamu mengidentifikasi dan memprioritaskan kebutuhan kamu. Mereka juga akan dapat menjelaskan berbagai jenis konseling yang tersedia untuk kamu seperti terapi perilaku kognitif, terapi interpersonal, dan lainnya. Dan bagaimana masing-masing dapat membantu mengatasi masalah tertentu dalam kehidupan sehari-hari kamu.

Memiliki sistem pendukung semacam ini dapat membuat perbedaan besar dalam mengelola stres, kecemasan, depresi, atau apa pun yang mungkin menghalangi perasaan diri kamu yang terbaik. Ini juga dapat membuatnya lebih mudah untuk menavigasi pasang surut kehidupan dan tetap di jalurnya.

Jadi pastikan untuk memberi diri kamu perhatian dan perhatian yang layak kamu dapatkan. Itu bisa menjadi keputusan terbaik yang pernah kamu buat!

Baca juga: Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental

Peran Konseling dalam Self Care

Memasukkan konseling ke dalam rutinitas self care kamu dapat menjadi cara yang bagus untuk mendapatkan bantuan, bimbingan, dan dukungan yang kamu butuhkan.

Pertama, kamu ingin menemukan psikolog yang tepat untuk kamu. Itu berarti mencari seseorang yang kamu percayai dan merasa nyaman. Mintalah referensi dari teman atau keluarga jika kamu tidak yakin harus mulai dari mana. Penting juga untuk memastikan bahwa psikolog menggunakan metode berbasis bukti yang didasarkan pada penelitian ilmiah.

Setelah kamu menemukan psikolog yang tepat, penting untuk menetapkan tujuan dan melacak kemajuan kamu dari waktu ke waktu. Ini akan membantu kamu tetap termotivasi dan fokus untuk menjadi lebih baik. Melacak gejala, pola tidur, perubahan suasana hati, dan lainnya dapat membantu kamu melihat seberapa jauh kamu telah datang dan apa yang masih perlu ditingkatkan.

Kesimpulan

Meluangkan waktu untuk memelihara kesehatan mental kamu sama pentingnya dengan merawat kesehatan fisik kamu. Menetapkan tujuan yang jelas dan melakukan check-in rutin dengan diri sendiri akan memastikan bahwa kamu mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk menjaga kesehatan mental yang positif. Ingat, bahkan tindakan kecil pun dapat berdampak besar dalam hal menjaga diri sendiri!

Tidak apa-apa untuk meminta bantuan. Menjadikan konseling sebagai bagian dari self care kamu akan membantu meningkatkan kesejahteraan, kesehatan mental, dan hubungan kamu dalam jangka panjang. Jadi mengapa tidak mencobanya sekarang?

Ayok bergabung bersama 10.000 orang lainnya dalam menggunakan layanan Konseling bersama Psikolog Satu Persen! Dengan pilihan psikolog yang beragam kamu dapat memilih mana yang paling cocok dengan masalah dan kebutuhanmu.

cta-konseling-7

Referensi

COE College. Potential Benefits of Counseling. https://www.coe.edu/student-life/student-life-resources/health-wellness/mental-health-counseling/potential-benefits-counseling

Global Self-Care Federation. What is Self-Care?. https://www.selfcarefederation.org/what-is-self-care

Lawler, M. 2021. What Is Self-Care and Why Is It So Important for Your Health?. Everyday Health. https://www.everydayhealth.com/self-care/

Leonard, J. 2020. How can Mental Health Counselors Help?. Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/mental-health-counselor#:~:text=Psychotherapy%2C%20or%20talking%20therapies&text=It%20can%20help%20people%20understand,of%20isolation%20and%20self%2Dharm

Mental Health First Aid USA. 2022. How and Why to Practice Self-Care. https://www.mentalhealthfirstaid.org/2022/03/how-and-why-to-practice-self-care/#:~:text=Engaging%20in%20a%20self%2Dcare,relationships%2C%20and%20recover%20from%20setbacks

Montaro Behavioral Health. 8 Benefits of Mental Health Counseling. https://montarebehavioralhealth.com/8-benefits-of-mental-health-counseling/

NHI. Caring for Your Mental Health. https://www.nimh.nih.gov/health/topics/caring-for-your-mental-health

Rahmayanty, D. 2021. Mengenal pentingnya perawatan diri (Self care) bagi konselor dalam menghadapi stres. Jurnal Bimbingan dan Konseling UNINDRA. https://journal.unindra.ac.id/index.php/teraputik/article/view/669

Wake Forest University. What is Clinical Mental Health Counseling and Why Is It Important?. https://counseling.online.wfu.edu/blog/what-is-clinical-mental-health-counseling

West Tennessee Healthcare. 2021. Why Self-Care is Essential for Your Mental Health. https://www.wth.org/blog/why-self-care-is-an-essential-for-your-mental-health/


Bagikan artikel

Disclaimer

Jika Anda sedang mengalami krisis psikologis yang mengancam hidup Anda, layanan ini tidak direkomendasikan.

Silakan menghubungi 119.