Kenapa Orang Miskin Lebih Mudah Stres?

Artikel Terbaik
Ocky Jhon
8 Sep 2023

Tempo hari Gue ngeliat beberapa komen di Youtube Satu Persen yang ngomong gini:
“Masalah Gue tuh bukan mental health, Gue gak butuh Mentoring, Gue butuhnya duit. Kalo Satu Persen mau ngasih boleh lah”

Menariknya, sampe sekarang Gue selalu denger sih bahwa ada stigma bahwa mental health itu masalah orang kaya. Tapi percaya gak, justru kalian yang miskin, itu lebih rentan sama masalah mental health.

Emang bener kalau orang miskin lebih gampang ngalamin stres?

Percayalah keadaan ekonomi itu adalah salah faktor yang paling sering jadi pemicu seseorang ngalamin stres. Masalah stress itu bukan masalah orang kaya, justru lebih banyak masalah orang miskin.

Cuman gini: Orang yang status ekonominya rendah, mana mungkin sih mikir bahwa ke Psikolog itu adalah solusi? Atau mikir bahwa: Eh kayaknya Gue bipolar? Yang ada malah anak jaksel sih yang mikir dirinya bipolar, #candajaksel

Contohnya gini, Lo laper tapi gak punya cukup uang buat beli makanan. Lo pasti bakal laper. Ketika Lo laper, Lo berusaha keras nih memenuhi needs laper Lo. Dan ya mikir gimana cari kerja dan cari duit biar bisa beli makanan. Tapi kalo kerjaan ga dapet-dapet, mungkin bahkan Lo gak tahu juga mau kerja apa, passion juga gak tahu, kelemahan kelebihan diri gak tahu, pada akhirnya ya lo bakal ngerasa stres akan hal itu. Bedanya kalo orang miskin yang merasakan, gak bakal mikir bahwa: Eh Gue kayaknya depresi dah.

Kalo orang-orang bilang bahwa sekarang itu orang yang bunuh diri, depresi, dan kecemasan meningkat, bisa jadi angkanya bener (tunjukin riset). Tapi ada juga yang memperdebatkan nggak, buat orang yang ngedebatin sih bilangnya gini: Dari dulu juga udah ada kok orang yang depresi/punya gangguan kecemasan, cuman gak dilabel kayak gitu aja sama masyarakatnya.

Ini pernah baca sih risetnya di (misal) suku primitif gitu. Tapi pasti ada lah, satu dari 10-20 orang dari mereka yang depresi/schizoprenia, alias yang dianggap gila. Tapi ya penanganannya gak ke institusi kesehatan mental, mungkin malah di kerangkeng atau dipasung, dan ini banyak cuy di Indonesia (kasih berita pasung). Gue juga yakin sih seumur hidup Lo kuliah, sekolah, atau di keluarga Lo, pasti ada aja lah orang yang kayak gak punya temen, kerjaannya diem doang, kagak produktif, dan keliatannya punya gejala depresi.

Nah,Gue  balik lagi ke pertanyaan tadi. “Emang bener kalau orang miskin lebih gampang ngalamin stres?”

Faktanya kondisi ekonomi itu punya pengaruh yang cukup gede sama kesehatan mental seseorang.

Orang dengan penghasilan yang lebih rendah, jauh lebih mudah ngalamin stres dibanding mereka yang punya penghasilan yang lebih stabil. Di mana Lo bisa liat ada hubungan antara kondisi ekonomi dan kesehatan mental.

Ini juga ironis banget sih, karena data di perusahaan Gue sendiri, Satu Persen nunjukin bahwa orang yang ikut Mentoring dan Konseling, itu rata-rata penghasilannya di bawah 3 juta.

Ada juga penelitian longitudinal yang dilakuin utk neliti fenomena ini. Buat Lo yang gak tahu penelitian longitudinal tuh biasaanya dilakuin bertahun-tahun. Dalam konteks ini: Penelitiannya dilakuin sekitar 7 tahunan.

Dari hasil penelitian itu, diambil kesimpulan ternyata orang yang punya gaji rendah itu jauh lebih rentan untuk mengalami gangguan mental dan risiko bunuh diri, dan penurunan pendapatan juga ternyata juga dipengaruhi dengan adanya risiko gangguan mental yang ikut meningkat.

Kok bisa?

Ada beberapa hal yang melatarbelakangi kenapa hal tersebut bisa terjadi.
Pertama, orang dengan penghasilan rendah harus berurusan dengan rasa ketakutan di kehidupan sehari-harinya. Seperti kayak rasa takut karena ketidakamanan pekerjaan, dipecat tiba-tiba oleh bos, juga akibat yang harus dihadapi kalau misalnya kehilangan kerjaan yang sekarang lagi dijalanin.

Lo pasti bisa deh membayangkan gimana capeknya harus hidup dengan rasa ketakutan kayak gitu.

Bingung? Jelas

Capek? Udah pasti

Stres? Gak usah ditanya lagi.

Alasan lainnya adalah karena penghasilan yang gak mencukupi, akhirya mereka jadi kesulitan untuk maintain basic living standards mereka atau istilah lainnya mereka sulit buat menuhi kebutuhan dasar mereka sendiri.

Lo coba bayangin, hal-hal basic yang jadi kebutuhan Lo gak bisa terpenuhi. Kayak misalnya peluang buat dapetin pendidikan dan kerjaan kecil, harus hidup di lingkungan yang kurang layak, dan gak bisa dapetin pelayanan kesehatan yang baik.

Nah, kondisi kehidupan dengan kondisi dan tekanan yang kayak gitu, risiko ngalamin stres atau terkena gangguan mental jauh lebih tinggi. Dan akan berbahaya kalo gak segera ditangani dengan tepat.

Dan yang terakhir, orang dengan penghasilan rendah tuh ada pressure tersendiri gitu untuk bisa menuhin kebutuhan anak-anak mereka yang kadang tuh akhirnya jadi nimbulin suatu konflik keluarga.

Nah, konflik-konflik keluarga kayak gitu bikin anak yang lahir dari keluarga yang kurang mampu berpotensi ngalamin hal yang disebut sebagai ACE atau Adverse Childhood Experiences.

Kalo Lo gatau apa itu ACE, nih gua kasih tau. Gampangnya nih, ACE itu kondisi di mana seorang anak ngalamin hal-hal di masa kecil yang gak menyenangkan, yang mana merupakan salah satu risiko terbesar gangguan mental.

Anak yang tumbuh dengan kondisi ini cenderung punya trauma yang membekas di diri mereka, sehingga mungkin banget bakal berdampak negatif pada masa depannya nanti. Kayak misalnya mereka jadi takut buat ketemu orang, takut buat belajar hal baru atau  takut buat memulai komitmen bersama pasangan.

Kalau lo mungkin saat ini berada di posisi yang gua jelasin di atas dan lo ngerasa sulit banget buat ngilangin stres yang lo alami, lo bisa banget tonton video-video dari Satu Persen yang ngebahas tentang cara mengelola stres. Lo bisa langsung cari aja dan tonton videonya di Youtube Satu Persen

“Gue gak punya duit, mending mana dulu? Nyari duit, apa self-healing terkait kondisi Gue?”

Jawabannya adalah ya dua-duanya sih. Sama kayak pertanyaan telur dulu vs ayam dulu, pertanyaannya gak penting sih menurut Gue. Karena gini: Kalo Lo punya duit, gak berarti Lo gak akan melakukan hal yang stupid karena mental Lo berantakan. Sama juga, kalo mental Lo berantakan, susah juga nyari duit. Emang lebih susah sih buat orang yang gak punya privilege utk ngejar dua hal tersebut, tapi percaya sama Gue, kalo misalnya dua needs itu dipenuhi, hidup Lo bakal lebih baik.


Makanya di kurikulum life school Satu Persen. Di yang paling dasar: Kita tuh naro ada dua skill yang penting yang perlu semua orang pelajari dan punya: Pertama: Basic cashflow, at least Lo mesti ada pemasukan. Sama kedua, basic mental health: Artinya, at least mental Lo sehat lah dan gak stress banget gitu.

Sekarang gini aja: Kalo Lo ngerasa butuh bantuan ya Lo tinggal nyari sih ya. Satu Persen nyediain. Tapi bukan berarti sembari Lo nabung Lo gak bisa ngesolve masalah Lo sendiri juga, makanya saran Gue: Lu tonton tuh playlist Satu Persen yang relate dengan diri Lo. Mulai dari overthinking, bahkan sampe personal finance itu kita ajarin di YouTube Satu Persen

Well, mungkin itu penjelasan dari Gue di artikel kali ini, hopefully penjelasan tadi bisa ngejawab pertanyaan atau kebingungan Lo dan juga ngebantu Lo ngatasin stres karena keadaan yang Lo rasakan.

Gue Jhon dari Satu Persen, thanks!

Bagikan artikel

Disclaimer

Jika Anda sedang mengalami krisis psikologis yang mengancam hidup Anda, layanan ini tidak direkomendasikan.

Silakan menghubungi 119.