Kenapa Kita Susah Fokus?

Adaptasi
Ocky Jhon
20 Sep 2023

Siapa yang lagi baca artikel ini karena lo kedistrak dari hal yang harusnya lo kerjain sekarang?

Atau misal pengen belajar terus tiba-tiba Youtube kirim notifikasi video baru, terus lo nonton video-video lain. Dan, lo akhirnya kelupaan deh ngerjain apa yang mau lo kerjain itu.

Kalau lo kayak gitu, tenang aja. Lo nggak sendirian. Makanya, di artikel ini, gue bakal jelasin kenapa kok kita kayaknya susah banget buat fokus dan gimana caranya biar kita bisa, seenggaknya, lebih fokus daripada sekarang. So, baca sampai habis ya.

Kenapa Kita Susah Fokus?

Biasanya sih ada hubungannya sama kondisi diri kita. Ada penelitian unik dari Harvard di tahun 2020. Di situ, ditemuin kalau 47% dari waktu kita itu kepake dengan pikiran kita yang kemana-mana. Jadi ada 50% kemungkinan, kalau lo lagi ngerjain sesuatu, lo lagi mikirin hal lain.  

Belum lagi distraksi dari sekitar. Kayak orang rumah pas lo lagi coba buat fokus belajar, atau paling simpel: notif dari HP yang ngasih lo update terbaru soal kondisi medsos lo saat ini bikin lo tergoda buat ngecek.

Jadi nggak heran ya, udah pada dasarnya kita makhluk yang susah fokus dan pas ditambah distraksi eksternal, susah fokusnya lebih parah.

Nah poin kedua dateng dari Nir Eyal, penulis buku “Indistractable” yang bilang kalau alasan kita suka banget buat kehilangan fokus juga karena kita berusaha melarikan diri dari hal yang nggak nyaman. Nggak nyaman ini bisa aja hal-hal yang kita lakukan sehari-hari. Kerjaan yang berat dan banyak banget atau hal-hal lain yang bikin kita jadi stres, cemas, kesepian, atau bosen.

Karena perasaan nggak nyaman inilah, kita bakal coba cari cara buat ngilanginnya. Seringkali, ngecek HP adalah hal yang paling mudah. Niatnya sih ngecek update medsos aja, tapi lama-lama akhirnya scrolling sampai berjam-jam.

Proses yang gue jelasin tadi adalah bentuk dari anxiety-distraction feedback loop. Jadi daripada kita benar-benar ngilangin hal yang bikin kita bosen, kita mendistraksikan diri kita dari ngerjain hal itu.

Gimana caranya biar kita bisa nggak kedistraksi sama sekali?

Kayak yang udah gue jelasin di awal tadi, kita tuh pada dasarnya emang gampang ke distraksi. Mungkin buat bikin kita 100% fokus melulu bakal susah juga. Tapi kita bisa nyusun beberapa strategi yang bikin kita nggak terlalu terlena sama distraksi.

Strategi yang bakal gue kasih cuma 2 aja nih tapi menurut gue udah strategi yang bisa banget lo coba langsung.

Pertama, Lo mungkin bisa mulai dengan misahin distraksi yang bagus bagi kita dan distraksi yang mungkin nggak bagus.

Misalnya gini. Menurut gue, notif medsos dari HP tuh distraksi yang nggak bagus karena jadinya gue cuma buang-buang waktu untuk scrolling medsos. Jadi, kalau gue butuh banget buat fokus, gue bakal matiin HP gue dan ditaro jauh-jauh dari meja kerja.

Nah si distraksi yang nggak bagus emang tujuannya adalah kita pahami biar bisa kita eliminasi dan kurangi dampaknya ke kita. Kayak HP tadi. Dijauhin aja, dimatiin aja notifikasinya, atau uninstall aja aplikasi-aplikasinya.

Tapi, kalau gue lagi kerja bareng keluarga atau temen gue terus diajak ngobrol, menurut gue itu adalah distraksi yang bagus. Mungkin kerjaan gue bakal gak dikerjain secepat biasanya tapi gue bisa ngabisin waktu sama orang-orang yang penting di hidup gue.

Jadinya, gue membuka lebar banget kemungkinan diajak ngobrol sama orang-orang penting di hidup gue dan berusaha mengurangi kemungkinan kedistrak sama notif HP.

Kedua, have fun sama apa yang lo kerjakan dengan pahami progres kerjaan lo.

Salah satu alasan orang bisa senang banget main game adalah karena mereka ngasih kita gambaran progres mainnya. Misalnya, lo main game X nih terus waktu lo ngelawan si bos-nya, lo keliatan nih progres HP-nya menurun. Lo jadi paham kalau serangan lo itu berfungsi dan ada gunanya.

Nah, buat kerjaan lo juga gitu. Lo bisa coba buat sistem yang ngebuat lo melihat progres apa yang udah lo capai. Kerjaan yang susah, bikin cemas, atau bosenin tuh rentan banget bikin kita susah fokus karena kita susah lihat progres yang udah kita lakukan udah gimana.

Caranya pun bermacam-macam. Lo bisa siapin sistem kayak to-do list yang detail buat nunjukkin progres yang lo lakuin. Atau, lo juga bisa siapin sistem reward buat diri lo sendiri kalau lo mencapai batasan progres tertentu. Hal ini biar lo jadi semangat buat ngerjainnya.

Akhir kata, gue harap pemahaman tentang susah fokus dan distraksi ini jadi ilmu baru buat lo. Kalau artikel ini berguna, jangan lupa buat bagiin juga ke orang-orang ya! Gue Jhon dari Satu Persen, thanks.  

Bagikan artikel

Disclaimer

Jika Anda sedang mengalami krisis psikologis yang mengancam hidup Anda, layanan ini tidak direkomendasikan.

Silakan menghubungi 119.