Cara Produktif dan Sehat Mental

Produktivitas
Ocky Jhon
12 Sep 2023

Gue yakin lo yang masuk ke artikel ini mungkin pernah ngerasain kalau buat bisa produktif dan sehat mental tuh kayaknya susah ya?  Apalagi waktu lo berusaha buat ngerjain semua hal secara bersamaan atau multitasking. Kadang-kadang malah jadinya nggak selesai.

Kenapa bisa gitu ya?

Di artikel ini, gue bakal bahas soal kenapa multitasking itu malah gak buat lo produktif. Simak sampai habis ya.  

Apa Itu Multitasking?

Multitasking adalah konsep kita memecah perhatian kita ke arah lebih dari satu pekerjaan atau aktivitas. Atau simpelnya sih, ngerjain banyak aktivitas di waktu bersamaan. Misalnya, lo nge scroll lagu di HP sambil nyetir mobil atau ngerjain presentasi lo nanti sambil nulis laporan akhir tahun di waktu bersamaan.

Keliatannya kalau bisa ngerjain semua hal di waktu bersamaan, kayak mempermudah hidup dan produktivitas banget kan ya? Tapi nih, gue kasih tau aja nih dari awal kalau sebenernya multitasking itu nggak produktif.

Jadi gini, pada dasarnya, otak manusia itu nggak mampu buat ngerjain banyak aktivitas kompleks dan ngabisin banyak energi di waktu yang bersamaan. Aktivitas kompleks disini adalah yang ngelibatin otak lo buat berpikir. Kayak nyetir sambil main HP atau ngerjain presentasi sambil nyusun laporan akhir tahun, nah ini contoh multitasking.

Pas si multitasking ini lagi terjadi, ada 2 hal yang lagi terjadi di dalam otak lo:

Satu, goal shifting dimana lo coba buat gonta-ganti fokus dari satu aktivitas ke aktivitas lain.

Dua, rule activation dimana disini otak lo kayak lagi ceklis aktivitas yang lagi lo kerjain. Tapi, karena lo lagi multitasking, otak lo ini ceklis aktivitasnya bergantian dan bolak-balik dari satu aktivitas ke aktivitas lain.

Sampai sini udah kerasa pusing belum bacanya? Karena pada dasarnya emang bikin pusing hehe.

Walaupun kedua hal tadi berlangsung secara cepet banget di kepala lo, nggak heran kalau lo jadi rentan buat kehilangan fokus dan ngalamin delay memproses informasinya. Makanya bisa tuh ada informasi yang kelupaan ditaro, chat penting yang lo skip buat bales, dan segala macam kesalahan lainnya.  

Mungkin kalau sampai sini lo jadi nanya, "lah terus kenapa gue masih ngerasa multitasking itu membantu? padahal sebenernya bikin otak gue capek?"

Menurut gue pribadi, pertanyaan ini ada banyak banget jawabannya. Mulai dari lo ngerasa nggak punya kontrol sama apa yang lo kerjakan, ngerasa diri lo ketinggalan di hidup, sampai ngebandingin diri lo sama orang lain dan lain-lain.

Tapi, kalau yang gue liat ada satu penjelasan umum yang kayaknya paling sering dialami, yaitu mindset

semakin sibuk diri lo, maka lo bakal ngerasa diri lo produktif dan kondisi lo saat ini oke banget"

Padahal pemahaman tadi nggak benar juga. Sibuk itu beda sama produktif. Produktif itu idealnya ngebuat seluruh pekerjaan lo selesai dan membuat aktivitas yang lo kerjakan itu ada artinya buat diri lo. Beda sama kondisi sibuk yang mungkin malah nggak membuat lo merasakan dua-duanya tapi cuma capeknya aja.

Nah, pemahaman tadi bisa lebih bermasalah kalau lo menaruh seluruh harga diri lo ke kesibukan lo saat ini.

Kalau lo ngerasa semakin sibuk diri lo, maka hal itu membuat diri lo jadi semakin berharga; mungkin udah waktunya lo buat ambil langkah mundur dan refleksi diri. Karena, idealnya kita nggak meletakkan seluruh harga diri kita ke kesibukan kita. Tapi ya karena kita emang berharga apa adanya.

Jadi, sampai sini paham ya, gimana mindset lo saat ini bisa jadi alasan kenapa lo tetap ngelakuin multitasking ini walaupun lo tau ini produktif.

Cara Biar Lo Produktif dan Sehat Mental

Pertama, buat lo yang mau belajar gimana caranya buat bisa bangun mindset yang sehat biar lo bisa ngejalanin hidup lo secara produktif, gue saranin lo ikut Webinar Life Skills Indonesia. Cek di link ini ya!

Kedua, mulai biasakan dengan buat atur pekerjaan dan aktivitas lo pakai jadwal prioritas kayak di layar ini nih, namanya matriks Eisenhower. Matriks ini ngasih lihat ke kita kalau nggak semua aktivitas kita tuh penting dan perlu dikerjakan saat itu juga. Bisa kok buat diprioritaskan sebenernya.

Kalau udah bisa atur prioritas aktivitas lo, baru deh kerjainnya satu-satu. Kalau lo bisa ngerjainnya satu-satu, kemungkinan lo buat fokus dan teliti juga lebih tinggi karena otak lo nggak ngelakuin dua hal multitasking tadi secara cepat. Jadi, performa lo juga bakal lebih oke deh.

Terakhir, pelan-pelan ubah mindset lo. Salah satunya kalau harga diri lo nggak harusnya lo letakkan di pekerjaan lo lakukan kok. Kalau lo udah terjebak di kesibukan yang malah ngebuat waktu lo buat istirahat kurang banget atau ngerasa diri lo adalah orang yang berguna ketika lo nggak sibuk; coba buat pelan-pelan tanya ke diri lo sendiri. Kenapa ya gue ngerasain ini?

Akhir kata, gue harap pemahaman gimana multitasking nggak produktif ini, lo bisa berlatih ngelola diri lo buat jadi sosok yang produktif dan sehat mental ya.

Gue Jhon dari Satu Persen, thanks.  

Bagikan artikel

Disclaimer

Jika Anda sedang mengalami krisis psikologis yang mengancam hidup Anda, layanan ini tidak direkomendasikan.

Silakan menghubungi 119.