Cara Menyampaikan Pendapat dan Bicara di Depan Umum

Cemas Sosial
Ocky Jhon
18 Sep 2023

Gue yakin lo yang ada disini ngerasa kalau ngasih pendapat tuh susah dan jadi tantangan pribadi. Belum lagi kalau lo juga kebingungan gimana cara nyampein pendapatnya itu sendiri. Takut kalau lo ngomong, orang lain malah gak nyaman.

Nah, kalau lo ngerasa gitu, lo ada di artikel yang tepat. Karena di sini, gue bakal jelasin 4 tips buat gimana caranya lo bisa nyampein pendapat lo tanpa banyak ambil pusing. Simak sampai habis ya.

Contoh Kasus Komunikasi

Biar gampang, gue coba pake contoh ya. Lo lagi kerja kelompok terus dapet temen sekelompok yang gak ngerjain porsi mereka sama sekali. Lo kesel sih tapi lo bingung gimana cara negurnya tanpa memicu konflik atau keributan antara kalian. Gak jarang hal yang terjadi adalah, lo cuma bisa mendem si rasa kesalnya di dalam diri lo.

Pada dasarnya, nyampein apa yang kita pikirkan dan rasakan emang nggak semudah itu. Apalagi kalau kita gapunya pengalaman buat gimana cara ngelakuinnya dan malah overthinking sendiri pas nyari caranya gimana. Bukannya dapet solusi, yang kita dapet malah rasa frustasi sama diri sendiri dan juga ke orang lain.

Makanya, langkah paling awal buat komunikasi sebenernya dimulai dari diri lo, spesifiknya adalah kenali kondisi diri lo. Lo mungkin udah tau ya kalau lo lagi cemas, sedih, atau marah; kemungkinan besar apa yang lo mau sampaikan itu gak akan tersampaikan atau diterima dengan baik.

Contohnya nih, kalau ada orang ngasih tau lo sambil marah-marah, mungkin respon yang bakal muncul dari diri lo adalah reaksi defensif. Biasanya kayak marah, nggak terima atau bahkan langsung down. Akhirnya malah memicu konflik lain. Buat ngurangin kemungkinan hal itu terjadi, lo bisa coba atur dulu emosi lo sebelum berkomunikasi atau menyampaikan pendapat.

Lo bisa cari hal-hal yang bisa bikin lo tenang atau netral. Terus, kalau lo udah tenang dan lo ngerasa pikiran lo jadi lebih jernih, baru lanjut ke langkah kedua. Di langkah kedua ini, yang lo incar adalah pemahaman dan kejelasan soal informasi yang kita sampaikan. Salah satunya bisa pakai buat nyusun apa yang mau lo sampaikan.

Nah buat nyusun apa yang mau lo sampaikan, lo bisa buat jadi poin-poin simpel dulu aja. Sesuaikan aja dulu sama gaya penyampaian informasi lo biar lo nggak terlalu pusing dan overthinking buat menyampaikan apa. Habis itu, lo latih deh.

Komunikasi itu kemampuan yang bisa banget dikembangin dengan latihan yang cukup, baik sendirian atau pakai bantuan orang lain.

Komunikasi Asertif

Komunikasi asertif itu cara komunikasi yang fokusnya ke gimana cara kita nyampein informasi atau pesan kita dengan jelas dan nggak miskom. Proses gimana caranya kita nyampein pesan bisa ngaruh banget ke gimana pesan kita bakal diterima nanti. Balik ke awal tadi, kalau ada orang ngasih informasi atau pendapat sambil marah-marah, kemungkinan besar lo juga nggak nyaman nerima atau dengernya.

Komunikasi asertif bisa banget lo latih dari berbagai aspek, mulai dari kata-kata yang bakal lo pake, sampai ke intonasi suara lo. Tapi, salah satu cara lo bisa latih komunikasi asertif bisa dengan cara penyampaian lo, apakah itu “You”-Statement atau “I”-Statement. Keduanya emang kita pake buat nyuarain pendapat dan perasaan kita sih tapi mereka sebenernya beda banget. Gue coba jelasin satu-satu dulu deh.

You-Statement itu kumpulan pernyataan yang biasanya ngebuat kita kita berasumsi sama hal-hal yang belum tentu benar. Kata-kata yang termasuk You-Statement biasanya kedengeran kayak, “lo nggak pernah dengerin gue ngomong sih” atau “pasti lo nggak ngerjain karena lo lagi males kan?”

Nah, kata-kata asumsi yang belum tentu benar ini bisa jadi kesannya kayak nuduh orang yang lagi lo ajak ngobrol. Jadi, gak ideal buat kita nyampein apa yang kita pikirkan dan rasakan karena rentan buat jadi sumber konflik.

Beda sama I-statement. I-statement ini fokus sama apa yang kita pikirkan dan rasakan, jadi gak ada lagi nih asumsi atau tebak-tebakkan. Kita benar-benar jujur sama diri kita dan fokusnya sama gimana perilaku orang itu berdampak ke kita.

Bentuk kalimatnya bakal, “waktu lo lagi main HP pas gue lagi jelasin sesuatu, gue ngerasa nggak dihargai sama lo” atau “waktu lo nggak ngabarin ke gue, gue ngerasa frustasi karena nggak tau progres tugas kita gimana”

Nah, I-statement dan seluruh pemahaman soal komunikasi asertif ini, balik lagi, bisa lo latih sendirian kok. Selain lo latih mandiri, lo sebenernya juga bisa belajar lebih mendalam bareng Satu Persen di webinar yang gue jelasin tadi. Lo bisa dapet pengetahuan langsung dari expert-nya dan nanya-nanya langsung di sesi tanya jawabnya kelak.

Gaya komunikasi asertif ini emang bakal ngebuat gaya penyampaian lo jadi lebih simpel dan straight forward, bahkan bisa ngilangin rasa nggak enakan.

Akhir kata, gue Jhon dari Satu Persen, thanks!

Bagikan artikel

Disclaimer

Jika Anda sedang mengalami krisis psikologis yang mengancam hidup Anda, layanan ini tidak direkomendasikan.

Silakan menghubungi 119.