5 Cara Mengatur Waktu untuk Mahasiswa Agar Lebih Produktif

Pemahaman Diri
Zahra Putri Fauziyah
23 Nov 2021
Cara mengatur waktu untuk mahasiswa
Satu Persen - Cara Mengatur Waktu untuk Mahasiswa

Halo Perseners, apa kabar? Semoga selalu sehat dan bahagia, ya!

Anyway, buat Perseners yang saat ini masih kuliah, suka kagum nggak sih lihat temen-temen yang bisa organisasi tapi IPK tetep bagus? Atau, ikut lomba sana-sini tapi tugas nggak ada yang keteteran. Gimana ya, cara bagi waktunya? Mereka sempet buat istirahat nggak, ya?

Sini-sini merapat, artikel ini khusus gue bikin buat lo para mahasiswa yang pengen banget bisa produktif dengan segudang kegiatan. Yup! Apalagi kalau bukan tentang bagaimana cara mengatur waktu atau time management. So, baca artikel ini sampai akhir, ya!

Hakikat Manajemen Waktu

Tiap orang dilahirkan dengan jatah waktu yang sama dalam satu hari, yaitu 24 jam. Masing-masing punya cara sendiri untuk mengaturnya. Ada yang sebagian habis untuk bekerja, belajar, atau bermain.

Sebenarnya nih Perseners, ketika lo ingin punya manajemen waktu yang baik agar lo bisa memaksimalkan waktu lo, ada 3 kunci utama, yaitu motivasi, kedisiplinan, dan kepribadian lo.

Pertama adalah motivasi atau latar belakang kenapa lo harus punya manajemen waktu yang baik. Masing-masing tentu punya motivasi yang berbeda, ada yang pengen organisasi lancar tapi tetep bisa tidur 8 jam. Ada juga yang pengen ikut lomba sana-sini, tapi nggak mau akademiknya terganggu. Atau ada juga nih, yang pengen bisa eksis ikut organisasi, tapi tetep ada waktu buat bucin.

Nah, sebelum baca artikel lebih jauh, coba deh Perseners tanyakan ke diri sendiri, “Apa sih motivasi gue buat punya manajemen waktu yang baik?”

Kedua adalah kedisiplinan. Ini penting banget sih menurut gue, karena rasanya percuma banget kalau udah bikin jadwal keseharian tapi lo nggak disiplin buat melakukannya. Menerapkan kedisiplinan rasanya tuh kayak melawan musuh paling besar, yaitu rasa malas yang ada pada diri sendiri.

Tapi, balik lagi ke kunci yang pertama yaitu motivasi. Kalau motivasi lo kuat, pasti bisa buat maksa diri lo biar disiplin.

Terakhir adalah kepribadian. Kepribadian ini sifatnya personal banget karena masing-masing orang tentu berbeda. Ada yang lebih cocok mengatur waktu yang mereka punya dengan bantuan aplikasi karena praktis atau ada juga yang lebih suka buat nyatet di buku catatan.

Nah, kunci yang terakhir ini balik ke diri lo sendiri. Coba deh, buat trial beberapa cara manajemen waktu dan bandingkan mana yang dirasa paling cocok dan buat diri lo merasa nyaman.

Jangan sampai time management yang lo lakuin malah bikin hidup lo jadi terkekang.

5 Cara Mengatur Waktu

Setelah lo pegang 3 kunci diatas, coba buat cara-cara sederhana tapi berdampak untuk mengatur waktu lo.

1. Stop Menunda-nunda

“Kalau bisa sekarang, kenapa harus nanti?” Yes! Ini adalah tips pertama sekaligus mindset yang harus diterapkan biar tugas ataupun aktivitas lo nggak keteteran. Selesai kelas, coba luangkan untuk ngerjain tugas langsung, jadi waktu malam lo bisa lebih banyak dihabiskan buat organisasi, family time, atau belajar.

meme prokrastinasi - meme menunda pekerjaan
Cr. unycommunity.com

Salah satu yang harus lo tanam agar tidak menunda waktu adalah ketika pekerjaan lo selesai lebih awal, lo akan punya lebih banyak waktu luang untuk mengerjakan aktivitas lainnya atau sekadar untuk istirahat. Saat tugas lo langsung dikerjakan juga, akan meminimalisir lupa terhadap tugas tersebut dan terhindar dari rasa gelisah karena tugas yang belum selesai.

2. Pakai Bantuan Aplikasi untuk Track Kerjaan

Perkembangan teknologi harus kita manfaatkan sebaik mungkin. Lo bisa pakai Google Calendar untuk tulis agenda atau tugas yang harus diselesaikan di hari itu. Bisa juga pakai Google Task untuk list tugas-tugas yang harus lo selesaikan atau aplikasi lainnya. Dan jangan lupa buat set reminder biar lo juga nggak lupa.

Ada baiknya lo bisa fokus gunakan satu aplikasi untuk track kerjaan. Hal ini bisa bantu lo untuk lebih fokus dengan apa yang harus lo selesaikan.

3. Kerja Efisien

Selain bisa mengatur waktu, lo juga harus bisa bekerja secara efisien. Yup, bekerja dengan waktu yang cepat. Salah satu cara biar lo bisa kerja efisien adalah fokus. Gimana caranya fokus? Coba deh, lo set timer untuk menyelesaikan tiap pekerjaan.

Misal nih, ketika lo  hendak mengerjakan tugas, lo bisa alokasikan waktu atau set timer selama satu jam. Dalam waktu satu jam itu, tugas lo harus sudah selesai. Adanya timer atau alokasi waktu untuk tiap pekerjaan bakal bikin lo lebih fokus karena ada target.

fokus bekerja - kerja efisien
Cr. Loryn Brantz

4. To-Do List yang Detail

To-Do List yang detail dibuat untuk meminimalisir lo lupa terhadap sesuatu. Gue percaya banget kalau semasa kuliah, keseharian nggak cuma buat di kelas atau di organisasi. Ada banyak banget tugas yang harus diselesaikan dan tentu berbeda-beda.

Nah, biasanya dalam membuat To-Do List yang super detail, gue bahkan membagi satu halaman menjadi 8 kolom. 8 kolom tersebut berisi hubungi dan kirim, hadiri, print, baca dan tulis, beli, ketik, googling, dan hal-hal remeh. Lo bisa isi kapan pun dan kerjain di hari besoknya atau saat itu juga. Sederhana tapi menurut gue ini works banget.

to-do list
Cr. Loryn Brantz

5. Istirahat

Ini adalah tips terakhir yang sangat penting dan akan mempengaruhi lo ketika melakukan tips-tips di atas. Yup, istirahat! Buat jadwal atau alokasi waktu untuk lo istirahat secara rutin dan cukup tiap harinya.

Dengan istirahat yang cukup, energi lo akan bertambah untuk melakukan berbagai kegiatan yang udah lo atur. Karena ketika lo nggak ngasih jatah istirahat untuk tubuh, energi lo bakalan habis, kerja jadi lemes dan otak sulit buat bisa fresh.

Baca Juga: Tips Manajemen Waktu agar Lebih Produktif

Itu dia 5 cara sederhana buat mengatur waktu yang bisa gue bagikan. Semoga bermanfaat dan bisa menunjang produktivitas lo sebagai mahasiswa dengan berbagai kegiatan, ya!

Buat Perseners yang masih kepo gimana cara membagi waktu dan meningkatkan produktivitas, bisa banget nonton konten video Satu Persen di YouTube.

YouTube Satu Persen - Tips Mengatur Waktu dalam 24 Jam

Perseners juga bisa ikut layanan online mentoring dari Satu Persen kalau merasa masih sulit buat manajemen waktu. Jangan khawatir, meski online, layanan mentoring ini langsung diberikan oleh mentor profesional. Untuk informasi lebih detailnya lo bisa klik banner di bawah ini, ya!

CTA-Blog-Konseling-7

Terakhir, gue Zahra blog writer Satu Persen, salam #HidupSeutuhnya dan sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Referensi:

  1. Michael Rupured, Sue W. Chapman. Time Management: 10 Strategies for Better Time Management. Retrieved from Time Management: 10 Strategies for Better Time Management | UGA Cooperative Extension on 10 November 2021

Bagikan artikel

Disclaimer

Jika Anda sedang mengalami krisis psikologis yang mengancam hidup Anda, layanan ini tidak direkomendasikan.

Silakan menghubungi 119.