Cara Manajemen Waktu Libur Agar Lebih Produktif

Coaching
Ocky Jhon
13 Sep 2023

Pernah nggak sih lo ngerasa capek, walaupun udah dapet waktu buat libur? Pas hari kerja bawaannya pengen buru-buru weekend, tapi udah dapet libur di weekend pun tetep aja otak gak kerasa fresh. Akhirnya jadi mikir: “Kok rasanya waktu libur gue gak pernah cukup ya?”

Well, buat lo yang lagi ngerasain ini, lo ada di artikel yang tepat. Karena di artikel kali ini gue akan ngebahas penyebab kenapa lo ngerasa capek padahal udah liburan dan gimana cara bikin waktu libur lo lebih optimal. Jadi, artikel ini sampai habis, supaya lo dapetin banyak insightnya.

Apa Itu Produktif?

Sebenernya, ngomongin soal produktif itu bukan cuma mengatur waktu sibuk aja, tapi juga gimana cara kita ngatur waktu di saat kita senggang. Tapi biasanya nih, pas lagi ada waktu kosong, justru bawaannya jadi ngerasa bosen. Dan sebenarnya hal ini wajar kok. Ya karena ketika ada waktu senggang, kita mungkin nggak punya rencana spesifik harus ngapain aja di hari itu.

Dan karena ngerasa bosen dan nggak produktif, akhirnya lo malah menyibukkan diri dengan kerjaan. Jadinya kerja terus pas lagi liburan sampai begadang, sampai lupa waktu istirahat.

Padahal cara kaya gini tuh sebenernya kurang baik. Lo juga mungkin udah pada tau kalo kebiasaan kayak begadang atau kurang istirahat itu bisa berpengaruh juga ke kesehatan fisik ataupun mental kita. Kualitas hidup kita jadi menurun, alhasil jadi mudah ngerasa capek, susah fokus sampai bahkan stres.

Nah, dari penjelasan gue tadi bisa disimpulkan, kalau ada kemungkinan penyebab kita ngerasa capek padahal udah liburan, ya karena kita nggak menikmati waktunya dengan baik. Buat ngatasin ini kita perlu menyeimbangkan pola hidup dengan manajemen waktu. Tapi, manajemen waktunya nggak cuma soal kerjaan aja, tapi juga gimana kita memanfaatkan waktu senggang dengan efektif (free time management). Tujuannya supaya hidup kita seimbang dan kualitas hidup kita membaik.

Cara Biar Lo Produktif

Nah, ada salah satu penelitian yang ngebuktiin kalau menikmati waktu liburan itu bagus buat kesehatan mental dan fisik. Kalau fisik dan mental kita sehat ya berarti kualitas hidup kita membaik. Buat ngisi waktu liburan, kita bisa ngelakuin aktivitas yang kita suka misalnya olahraga yang baik buat kesehatan badan atau ikut kegiatan sosial yang bagus buat nambah relasi kita.

Buat langkah awal, hal yang perlu kita lakuin adalah memperbaiki gaya hidup. Biar jelas, kita perlu nentuin goals yang mau dicapai, bisa pakai metode SMART yang udah pernah di bahas di Satu Persen.

Misalnya, goals-nya mau jaga bentuk badan atau biar seger aja gitu, salah satu caranya lo bisa pake waktu liburan lo buat daftar ikutan klub zumba misalnya. Selain sehat, lo juga bisa nambah temen di klub di situ.

Yang kedua, lo juga bisa bikin jadwal free time yang spesifik. Dari pengalaman gue pribadi, karena sehari-hari jarang ada waktu luang, pas dapet waktu liburan gue emang kadang malah jadi bingung mau ngapain.

Daripada waktunya kebuang buat mikir harus ngapain hari ini, lebih baik kita siapin jadwalnya dari awal. Atau, seenggaknya tulis dulu aja beberapa aktivitas yang pengen lo lakuin di hari libur dan bisa bikin lo happy. Jadinya, pas liburan kita nggak bakal ngerasa bosen dan tetep bisa ngelakuin hal yang positif.

Tapi perlu diinget juga, bikin jadwal free time-nya jangan terlalu padet. Di sini tujuan bikin jadwal free time bukan ngejar produktif, tapi  biar kita bisa menikmati liburan dengan baik. Jadi kalau misalnya ada sisa jam yang nggak ada kegiatannya nggak apa-apa, lo bisa istirahat biar nggak kecapekan juga pas mulai masuk kerja atau kuliah lagi.

Yang ketiga, kita bisa mulai netapin batasan juga antara hari kerja dan libur. Kalau misalnya nih ada tugas penting yang harus kita kerjain waktu weekend, ya udah gak papa dikerjain dulu aja. Tapi, kita harus bisa bikin durasi buat pengerjaan tugas ini biar kita tetep ada waktu buat istirahat juga.

Jadi misalnya dalam satu hari, dibagi aja pagi sampe siangnya lo nugas dan sore sampe malam lo main atau istirahat. Walaupun hari libur lo terganggu, tapi seenggaknya lo tetap dapat waktu buat istirahat.

Yang terakhir dan mungkin juga jadi masalah banyak orang, biasanya menjelang H-1 masuk kerja atau sekolah kita ngerasa males atau stres. Ngerasa istirahatnya belum cukup dan gak siap buat balik beraktivitas lagi. Gimana nih cara ngatasinnya?

Saran gue sih di malam akhir liburan kita bisa bikin to-do list tentang hal-hal yang bakal dilakuin besok pas kerja. Ya sebenarnya ini buat memperhalus transisi dari hari libur ke hari kerja kita aja. Jadi udah ada bayangan besok mau ngapain dan jadi lebih siap juga menerima kenyataan kalau “besok udah beraktivitas normal lagi”.

Itu aja dari gue semoga artikel ini bisa membantu lo buat belajar dan berkembang jadi lebih baik, minimal 1% setiap harinya.

Gue Jhon, thanks.


Bagikan artikel

Disclaimer

Jika Anda sedang mengalami krisis psikologis yang mengancam hidup Anda, layanan ini tidak direkomendasikan.

Silakan menghubungi 119.