Belajar Mindfulness di Sesi Konseling Online

Mindfulness
Almira Novelia Damayanti
2 Feb 2023

Halo, namaku Mira dan aku adalah Blog Writer di Satu Persen. Kali ini kamu bakal ngebahas soal mindfulness. Stay tune dan baca sampe abis ya, biar kamu bisa dapet keseluruhan insight-nya!

Belajar Mindfulness di Sesi Konseling Online
Satu Persen - Mindfulness 

Pernahkah kamu merasa percakapan konseling online tidak memiliki energi dan koneksi pertemuan langsung? Perasaan terputus dapat menyebabkan kamu merasa tidak didengar dan terputus selama konseling. Tapi, tahukah kamu bahwa membawa teknik mindfulness ke dalam sesi kamu dapat membantu melawan perasaan terputus dan membantu kamu membangun kepercayaan?

Di blog ini, kami mengeksplorasi cara untuk memanfaatkan perhatian dalam percakapan konseling kamu untuk menciptakan koneksi yang lebih dalam dan bertanggung jawab atas perjalanan kesehatan mental kamu.

Baca terus untuk dilengkapi dengan strategi sederhana yang dapat kamu mulai terapkan dalam sesi kamu!

Daftar Isi

  1. Apa itu Mindfulness?
  2. Manfaat Mindfulness melalui Konseling Online
  3. Kekuatan Mindfulness untuk Kesejahteraan Mental
  4. Teknik Memanfaatkan Mindfulness dalam Kehidupan Sehari-hari
  5. Kesimpulan

Apa itu Mindfulness?

Mindfulness adalah keterampilan dalam memberikan perhatian dengan berfokus pada satu tujuan, saat ini, dan tidak menilai. Ini adalah cara hidup yang memungkinkan kamu untuk mengambil langkah mundur, memeriksa diri sendiri dan menyadari apa yang terjadi di sekamur kamu.

Mindfulness memiliki lima komponen utama yaitu observing, describing, acting with awareness, non-reactivity, dan nonjudge. Tujuan mindfulness adalah untuk mencapai kesadaran penuh pada diri sendiri. Penelitian telah mendukung bahwa penerapan mindfulness dapat menstabilkan pengaturan diri sehingga mengurangi stres dan kecemasan serta meningkatkan kesejahteraan mental.

Mindfulness hanya membutuhkan  latihan! Mindfulness dapat dipraktikkan di mana saja, kapan saja, baik itu dalam perjalanan pagi kamu atau di rumah. Dengan mengambil bahkan hanya beberapa menit dari hari kamu untuk fokus pada napas kamu, mencoba latihan meditasi atau hanya diam dan memperhatikan pikiran kamu, kamu berlatih perhatian.

Pelajari lebih lanjut tentang Mindfulness dengan menonton video “Tips Agar Menjadi Selalu Tenang dan Fokus” dari Satu Persen.

Satu Persen - Tips Agar Menjadi Selalu Tenang dan Fokus

Manfaat Mindfulness Melalui Konseling Online

Mindfulness telah terbukti memiliki berbagai manfaat, mulai dari peningkatan kesehatan mental dan emosional hingga peningkatan kesejahteraan fisik. Tetapi sementara ada banyak cara untuk melatih mindfulness, salah satu pendekatan yang semakin populer adalah melalui penggunaan konseling online.

Dengan menyediakan cara yang mudah diakses dan nyaman untuk mengakses terapi, konseling online dapat membantu orang mempraktikkan perhatian penuh di rumah kamu sendiri, dengan cara kamu sendiri. Melalui konseling online, kamu dapat belajar bagaimana menjadi lebih hadir pada saat itu, memungkinkan kamu untuk memanfaatkan kekuatan perhatian untuk mengurangi stres dan kecemasan.

Konseling online memberi orang bimbingan yang diperlukan untuk mengembangkan praktik penuh perhatian serta ruang untuk mengeksplorasi dan mempraktikkannya dengan kecepatan kamu sendiri. Konseling online juga memberikan kesempatan bagi kamu untuk terhubung dengan profesional terlatih yang dapat memberikan dukungan dan bimbingan saat kamu bekerja melalui tantangan.

Hal ini memungkinkan pendekatan yang dipersonalisasi untuk konseling yang menawarkan kamu kesempatan untuk menjadi kreatif dengan bagaimana kamu menerapkan mindfulness. Dari meditasi terpandu hingga latihan jurnal, psikolog online dapat memberikan saran dan saran yang dipersonalisasi tentang strategi yang paling sesuai dengan gaya hidup dan tujuan kamu tertentu.

Dengan memanfaatkan kekuatan teknologi, konseling online menyediakan cara yang mudah dan efektif untuk membawa perhatian pada kehidupan sehari-hari kamu. Salah satu konseling online yang dapat kamu lakukan adalah berkonsultasi dengan Psikolog Satu Persen.

CTA-Konseling-9

Kekuatan Mindfulness untuk Kesejahteraan Mental

Kamu pasti memiliki saat-saat ketika kamu merasa kewalahan, cemas, atau stres. Itulah mengapa sangat penting untuk melatih perhatian setiap hari. Penelitian telah menunjukkan bahwa ada hubungan positif antara mindfulness dengan kesejahteraan mental.

Mindfulness dapat membantu menurunkan gejala stres dan depresi serta meningkatkan produktivitas kerja dan kepuasan hidup. Dengan melakukan mindful self-care secara mandiri, orang dapat mencegah timbulnya gejala ketidaksehatan mental dan kelelahan kerja atau kuliah.

Mindfulness membantu kamu mengenali emosi kamu tanpa menilai mereka, memberi kamu kekuatan untuk mengaturnya dengan lebih baik. Melalui perhatian penuh, kamu dapat menjadi lebih sadar akan pikiran dan perasaan kamu, memungkinkan kamu untuk berhenti sejenak dan merenungkan reaksi sebelum merespons.

Kamu juga dapat mengamati bagaimana emosi kamu memengaruhi perilaku,  memberi wawasan tentang apa yang mendorong kamu. Dengan mengembangkan sikap kebaikan dan kasih sayang untuk diri kamu sendiri dan orang lain, perhatian penuh membantu kamu menciptakan koneksi yang bermakna dan membangun hubungan yang otentik.

Dengan latihan rutin, kamu memupuk penerimaan dan kehadiran, yang dapat menuntun pada kepuasan dan sukacita yang lebih besar.

Teknik Memanfaatkan Mindfulness dalam Kehidupan Sehari-hari

Teknik mindfulness dapat membantu dalam menghadapi masalah dalam kehidupan sehari-hari, seperti masalah pekerjaan, hubungan, atau sosial. Teknik ini juga bermanfaat untuk mengurangi rasa kesepian dan meningkatkan kebahagiaan, serta memudahkan untuk menikmati kesenangan dalam hidup saat itu terjadi. Mindfulness juga telah digunakan oleh psikolog sebagai elemen penting dalam pengobatan berbagai masalah, termasuk depresi, penyalahgunaan zat, gangguan makan, dan lainnya.

Ada berbagai teknik untuk menjalani kehidupan yang penuh perhatian, seperti meditasi, latihan relaksasi, mengatakan afirmasi, jurnal rasa syukur, dan yoga. Kegiatan-kegiatan ini membantu membangun ketahanan dan mengatasi emosi atau situasi yang sulit. Ketika kamu meluangkan waktu untuk berlatih mindfulness setiap hari, menjadi lebih mudah untuk tetap fokus selama saat-saat stres, sambil membiarkan diri kamu kesempatan untuk mengenali pikiran negatif yang muncul.

Mindful living telah terbukti secara ilmiah untuk mempromosikan kreativitas dan produktivitas juga. Itu karena terlibat dalam praktik mindfulness mengajarkan kamu untuk lebih memperhatikan proses kognitif, memungkinkan kamu untuk memahami lebih banyak informasi dan membuat hubungan yang lebih bermakna antara ide-ide.

Jadi, jika kamu menemukan diri kamu membutuhkan lebih banyak fokus atau kejernihan pikiran, mengapa tidak mencoba mindfulness? Kamu mungkin terkejut dengan hasilnya!

Kesimpulan

Dengan mempraktikkan mindfulness  penuh, kamu dapat memperoleh lebih banyak kejelasan, wawasan, dan kendali atas kehidupan dan kesehatan mental kamu. Melalui kegiatan perawatan diri yang penuh perhatian seperti yoga, latihan pernapasan, dan meditasi, kamu dapat memanfaatkan rasa damai dan relaksasi yang lebih besar.

Konseling online juga merupakan cara terbaik untuk meningkatkan kekuatan perhatian terhadap peningkatan kesejahteraan mental. Dengan akses ke dukungan profesional tepat di ujung jari kamu, kamu dapat mempelajari keterampilan yang diperlukan untuk menerapkan perhatian ke dalam kehidupan kamu sehari-hari. Kamu bisa memulai berlatih mindfulness bersama Psikolog dari Satu Persen secara online.

CTA-Konseling-10

Dengan kehati-hatian, kamu dapat menjaga diri kamu sendiri dan hidup dalam harmoni – dan itu adalah sesuatu yang patut dirayakan!

Referensi

Aprilia, A. 2022. Mindfulness: Fokus Hidup di Saat Ini. Kementrian Keuangan Republik Indonesia. https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kpknl-bandaaceh/baca-artikel/15157/Mindfulness-Fokus-Hidup-Di-Saat-ini.html

Syafiasani, N. 2022. Pengaruh Mindfulness terhadap Psychological Well-Being pada Remaja SMA Negeri X di Kota Bandung. Bandung Conference Series. https://proceedings.unisba.ac.id/index.php/BCSPS/article/download/839/637

Universitas Negeri Jakarta. 2021. Tips Merawat Diri dengan Mindful Self-Care!. https://upt-lbk.unj.ac.id/blog/Mindful%20Self-Care

Bagikan artikel

Disclaimer

Jika Anda sedang mengalami krisis psikologis yang mengancam hidup Anda, layanan ini tidak direkomendasikan.

Silakan menghubungi 119.