Beda Pemalu dan Cemas

Kesehatan Mental
Ocky Jhon
11 Sep 2023

Pernah gak sih lo punya temen atau orang terdekat yang cemas banget kalau ngobrol sama orang baru? Orang yang keknya tuh gak nyaman jadi pusat perhatian dan kebingungan harus ngerespon apa kalau lagi ngobrol. Atau mungkin, justru lo salah satu orangnya?

Kecemasan sosial bisa bikin kita ngerasa terasingkan, terisolasi, bahkan sampe depresi. Tapi tenang aja, karena di video kali ini gue bakal cerita tentang influencer yang punya masalah kecemasan sosial, dan gimana cara dia bisa survive dari masalah ini. Gue juga bakal sharing tentang riset-riset yang bisa bikin lo lebih paham tentang masalah kecemasan sosial.

So, baca artikel ini sampe abis biar lo bisa dapet keseluruhan insight-nya.

Menderita Karena Kecemasan Sosial

Coba bayangin kondisi di mana lo itu orangnya pemalu, cemas, dan kikuk banget kalau jadi pusat perhatian pas tampil di depan banyak orang. Tapi gara-gara tuntutan kerjaan, mau gak mau lo harus menghadapi ketakutan terbesar lo setiap harinya. Kira-kira, apa yang bakal lo rasain?

Perasaan ini dirasain hampir setiap hari sama Emma McVey, seorang model dan influencer asal Inggris. Di postingan blog pribadinya, dia ngaku kalau selama ini dia adalah model yang mengalami kondisi kecemasan sosial atau social anxiety.

Cerita berawal pas Emma masih remaja. Waktu masih sekolah, dia sering ngerasa gugup dan gak pede kalau ngobrol sama orang lain. Bahkan, dia sering banget menghindari orang lain, sering skip sekolah, dan hampir kaga pernah dateng ke pesta dan nongkrong asik sama temen-temen sekolahnya.

Kecemasan sosial yang dia rasain gak cuma di pikiran dan perasaannya aja, tapi juga fisik. Kalau dia lagi di kelas, di kantin, atau di keramaian, Emma sering keringetan berlebih padahal cuaca gak lagi panas, tangannya sering gemeteran dan hampir sering ngejatuhin barang yang dia pegang, bahkan detak jantungnya jadi cepet banget sampe dia ngerasa pusing dan mual sendiri.


Singkat cerita pas dia udah dewasa dan mulai kerja, kondisi social anxiety Emma malah jadi semakin parah yang ngaruh ke keseharian dan kariernya. Dia ngerasa susah buat dateng ke acara-acara penting–padahal itu kesempatan bagus buat bangun network. Dia juga jadi sering olahraga di rumah, karena mau ke-gym rasanya berat banget.

Lebih parahnya lagi, dia juga sering nge-cancel acara beberapa menit sebelumnya atau ngebuat-buat alasan palsu biar acaranya kaga jadi. Ini juga yang jadi alasan kenapa dia susah punya temen baru. Atau kalaupun udah punya temen, dia susah buat mempertahankan pertemanannya itu.

Ngomongin soal industri entertainment dan dunia model, at some point mungkin si Emma juga jadi kaga terlalu enjoy sama kerjaannya. Karena ya, kerjaan dia sebagai model dan influencer itu bener-bener bikin dia jadi pusat perhatian banyak orang. Kira-kira kalau lo jadi Emma, apa yang bakal lo lakuin?

Mungkin sampe sini lo mulai bertanya-tanya, kenapa sih si Emma  bisa mengalami social anxiety? Terus kalau dia cemas parah sama profesinya, kenapa sampe sekarang dia masih jadi model dan influencer?

Mengapa Seseorang Bisa Mengalami Social Anxiety?

Riset pertama, orang yang mengalami social anxiety sangat sesnsitif terhadap social threat–mereka seringkali mikir kalau situasi sosial, even ngobrol-ngobrol biasa aja itu ancaman yang bisa nyerang dia kapanpun.

Ini yang terjadi sama Emma. Dia sering menghindari interaksi sosial sama orang lain karena dia menganggap kalau interaksi itu ancaman buat dia. Padahal ya, bisa jadi itu cuma interaksi biasa dan malah justru bisa ngasih manfaat buat dirinya sendiri.

Riset kedua, kalau dari aspek neuroscience, orang yang mengalami social anxiety punya tingkat keaktifan amygdala yang tinggi sebagai respon terhadap situasi sosial. Buat lo yang belum tau, amygdala itu bagian penting di otak kita yang erat kaitannya sama respon kita terhadap ancaman, ketakutan, kemarahan, dan pleasure.

Selain itu, mereka juga ditemukan punya level serotomin yang rendah. Serotomin adalah zat kimia di otak yang bertugas meregulasi emosi dan kecemasan. Jadi kalau ada orang yang punya level serotomin rendah, maka orang itu cederung gampang cemas dan mood swing banget.

Riset ketiga, orang juga bisa jadi punya social anxiety karena faktor trauma masa kecil–misalnya bullying atau penolakan dari lingkungan terdekatnya. That’s why, kalau lo punya kenalan yang ngalamin social anxiety, biasanya mereka juga punya cerita sedih pas masih anak-anak.

Riset keempat, orang yang sering insecure dan ngebandingin diri sama orang lain di media sosial, ditemukan lebih rentan mengalami social anxiety di kehidupan aslinya. Kita tau dunia influencer erat banget kaitannya sama sosmed. Mungkin ini yang jadi alasan kenapa social anxiety si Emma jadi semakin parah.

Coba buat lo yang sering insecure sama postingan orang lain di sosmed, coba ceritain di kolom komentar apakah lo juga sering mengalami kecemasan sosial atau engga. Siapa tau cerita lo bisa ngebantu temen-temen yang lain.

Yang jadi pertanyaan sekarang adalah, apakah orang-orang yang punya masalah kecemasan sosial punya chance buat survive di dunia yang sangat ramai ini? Gimana cara mereka bisa tetep keep up sama orang normal lainnya?

Cara Survive Dari Kecemasan Sosial

Terlepas dari apapun alasan dan latar belakang kenapa seseorang bisa ngalamin social anxiety, mungkin kita bisa sepakat kalau hidup dengan kecemasan sosial luar biasa itu kaga gampang. Meskipun sulit, Emma milih buat gak nyerah sama kondisinya.

Salah satu cara terbaik yang bisa dilakuin kalau lagi takut sama sesuatu, adalah dengan mempelajari ketakutan itu. Ibaratnya melawan ketakutan dengan pengetahuan lah. Dan ini teknik yang pertama dilakuin sama Emma. Dia memperkuat dirinya sendiri dengan belajar tentang mental health dan social anxiety.

Riset juga membuktikan kalau mempelajari sumber ketakutan bisa membantu mengurangi rasa takut itu sendiri. Proses ini disebut teknik extinction–simpelnya kita directly menghadapi ketakutan kita dengan pengetahuan yang baru tentang ketakutan itu. Jadi, nanti secara perlahan memori lo tentang ketakutan itu bakal digeser sama pengetahuan baru lo. Teknik ini terbukti efektif secara jangka panjang untuk mengurangi rasa takut.

Selain belajar, Emma juga pergi mencari bantuan profesional. Dia konsultasi sama psikolog buat ngelakuin terapi rutin. Karena terapi ini, Emma jadi belajar gimana cara mengendalikan kecemasannya dan cara coping yang sehat kalau misalnya rasa cemas berlebihnya ke-trigger.

Kalau misalnya lo nanya, “emangnya konsultasi dan terapi sama psikolog beneran ampuh bang?” Jawabannya: iya. Salah satu teknik terapi yang populer adalah CBT–cognitive behavioural theraphy.

Ada satu meta-analysis yang ngejelasin kalau teknik CBT terbukti efektif buat mengatasi social anxiety disorder. Penelitian ini nemuin kalau orang yang rutin ngelakuin terapi CBT secara signifikan lebih bisa mengendalikan gejala-gejala kecemasan sosial dibandingkan orang yang ga pernah terapi sama sekali.

Intinya, Emma ngejelasin kalau terapi itu bener-bener ngebantu dia dalam proses healing dari masalah social anxiety-nya. Karena dia influencer, dia juga sering mengedukasi audiens-nya tentang pentingnya terapi dan gak ada salahnya buat minta bantuan ke profesional.

Gue juga sebagai orang yang terlibat dalam ngebangun Satu Persen, ngeliat kalau dulu orang-orang belum terlalu aware sama kesehatan mental. Gak sedikit juga stigma-stigma negatif yang dikasih ke orang yang punya masalah kesehatan mental. Akhirnya, banyak orang yang struggling sama hidupnya tanpa tau harus minta bantuan ke siapa.

Dengan adanya Satu Persen, gue berharap bisa reach-out lebih banyak orang yang mungkin sampe sekarang masih struggling sama masalah kesehatan mental. Gue cuma mau bilang aja, it’s totally okay buat mencari bantuan–terutama bantuan profesional.

So, kalau misalnya sampe sekarang lo kesulitan buat beraktivitas dan produktif karena masalah kecemasan sosial, lo bisa coba konsultasi ke mentor atau psikolog ya. Kebetulan di Satu Persen ada. Kalau tertarik, lo bisa cek informasi lengkapnya di website kita ya di satupersen.net.

Kesimpulan

Setiap orang pasti pernah mengalami hambatan dalam berkomunikasi, termasuk gue. So ya, daripada pusing-pusing meratapi kenapa lo punya hambatan itu, lebih baik mulai gerak, cari solusi yang bisa mengatasi hambatan komunikasi lo.

Even ketika lo udah masuh ke ranah profesional, di kantor atau tempat kerja juga gak menutup kemungkinan kita sendiri atau ada orang lain yang mengalami hambatan dalam berkomunikasi–entah itu karena bingung gimana caranya, malu-malu, atau cemas. Which, menurut gue ini sedikit banyak bakal ngaruh ke performa kerja juga ya.

Buat lo yang ngerasa komunikasi di kantor atau tempat kerja lo masih kurang efektif, kebetulan sekarang di Satu Persen kita menyediakan layanan in-house training di bawah brand Life Skills ID. Di in-house training nanti, kita bakal melatih lo dan tim lo buat bisa berkomunikasi dan berkolaborasi dengan lebih efektif.

That’s all for now. Akhir kata, gue Jhon dari Satu Persen, thanks.

Bagikan artikel

Disclaimer

Jika Anda sedang mengalami krisis psikologis yang mengancam hidup Anda, layanan ini tidak direkomendasikan.

Silakan menghubungi 119.