Alasan Psikologis Kenapa Keuangan Bikin Stres

Finansial
Ocky Jhon
18 Sep 2023

Pernah nggak sih lo ngerasa stress karena gak punya uang? Yang akhirnya bikin lo ngejalanin hidup ini dengan rasa stress dan nggak aman banget? Dan gara-gara itu, lo ngerasa nggak pede dan nggak produktif sama kegiatan sehari-hari lo juga.

Nah, ini bisa dibilang wajar sih, kenapa? Karena ya kesehatan lo di finansial, itu biasanya emang ngaruh ke mana2, bahkan ke kesehatan mental sekalipun, yang bisa berdampak negatif ke hal yang lo lakuin sehari-hari. Dan kalo lo lagi ngerasa kayak gitu, lo ada di artikel yang tepat, kali ini gue bakal ngasih beberapa tips tentang kesehatan finansial.

Alasan Masalah Finansial Mengganggu Psikologis Kita

Sebelum gue masuk ke masalah keuangannya, gue mau jelasin kenapa kalau kita ngerasa nggak aman dan nyaman bisa ngeganggu keseharian kita. Kali ini gue bakal jelasin pake teori dari pakar psikologi, Abraham Maslow dan hierarki kebutuhan.

Intinya sih teori ini bilang kalau lo mau ngejalanin #HidupSeutuhnya, lo perlu memenuhi seluruh kebutuhan di segitiga ini

Hierarchy of Needs by Abraham Maslow

Nah, rasa aman dan nyaman ini ada di tahap kedua. Yang artinya, kalau lo nggak ngerasa aman dan nyaman, ada kemungkinan lo bakal kesulitan buat nyelesain isu yang ada di tahap berikutnya ini. Kayak hubungan, produktivitas, dan percaya diri.

Rasa aman dan nyaman ini bisa dipersepsikan beda-beda karena dipengaruhi berbagai hal. Dukungan dari orang-orang di hidup lo, pekerjaan yang stabil, kondisi fisik lo sehat, bahkan kondisi keuangan dan finansial lo.

Misalnya, lo ngerasa keuangan lo nggak aman dan terancam kena PHK, ada kemungkinan hal ini bakal ngebuat lo ngerasa nggak aman. Terus susah deh buat ngejalanin kehidupan lo sehari-hari.

Kali ini, gue bakal bahas fokus rasa aman dan nyamannya di aspek finansial. Karena ya, kalau finansial kita aman, hal ini bakal ngebuat kita bisa ngerasa hidup kita lebih aman juga.

Apa sih yang dimaksud dengan finansial yang aman?

Keamanan finansial ini salah satu bagian dari kesehatan finansial. Yang kalau gue definisiin adalah kemampuan kita buat memenuhi kebutuhan finansial hari ini dan masa depan serta kemampuan kita buat bikin pilihan biar hidup kita lebih aman dan nyaman. Gue coba pake 2 hal spesifik yang bikin seseorang sehat secara finansial ya.

Pertama, mereka yang punya sehat finansial itu bisa mengontrol keuangan buat memenuhi kebutuhan sehari-hari. Kayak bayar tagihan tepat waktu atau belanja bulanan tanpa khawatir keuangan mereka bakal bermasalah.

Selain itu, mereka yang finansialnya sehat juga bisa ngambil keputusan buat bikin diri mereka senang. Mereka juga bisa memenuhi apa yang mereka inginkan buat beli, ngasih ke keluarga, bahkan nyisihin uang buat investasi masa depan.

Gimana cara buat bangun keuangan yang aman dan sehat?

Hal pertama adalah pokoknya mulai dulu. Walaupun orang punya definisi yang beda-beda soal “aman dan sehat finansial”, tetep aja kalau lo bangun dari sekarang, kemungkinan besar lo bakal ngerasa aman lebih cepet dan bakal ngebantu lo di masa depan nanti.

Salah satu cara yang bisa lo tempuh adalah dengan berinvestasi. Sampai sini mungkin lo jadi ragu buat investasi karena lo nggak ngerti gimana cara kerjanya atau mikir kalau investasi itu perlu punya dana yang banyak banget buat jadi modal.

Habis itu, pastikan kalau lo punya kontrol penuh terhadap pemasukan dan pengeluaran lo.

Masuk akal ya. Jadi paling pertama adalah kenali gimana alur keluar masuk uang lo. Setelah udah kenali alurnya, jangan lupa juga buat lo catet.

Keuangan yang masuk bisa lo liat dari berbagai macam hal. Gaji yang lo dapatkan, bonus, penghasilan tambahan, atau bahkan nilai investasi yang lo punya. Pokoknya lo tau nih alur pemasukan lo dimana aja dan catat.

Ini juga sama buat yang kedua yaitu ngatur pengeluaran lo. Jadi lo identifikasi dulu pengeluaran lo apa aja, terus catat dan pisahin pengeluaran tetap sama pengeluaran dinamis. Pengeluaran tetap tuh kayak bayar kosan, belanja bulanan, bayar asuransi, atau nabung bulanan lo.

Pengeluaran dinamis adalah pengeluaran yang kadang lo keluarin dan kadang juga enggak. Misalnya beli baju baru, nonton bioskop, atau makan di restoran. Walaupun nominal yang lo keluarin bisa aja beda, seenggaknya lo jadi punya kontrol soal pengeluaran apa yang kadang ada dan kadang enggak, sehingga lo jadi paham sama hal-hal apa lo inginkan.

Ketiga, tetapkan tujuan jangka panjang yang mau lo capai.

Kalau kita ngomong soal finansial aman dan sehat, kita nggak akan jauh dari ngomongin “tujuannya buat apa?”.

Biasanya kalau nabung tanpa tujuan yang jelas, seluruh uang yang mau kita tabung cuma ditaruh di satu tempat aja. Dan hal ini bisa bikin kita jadi susah banget buat kelola dengan rapi dan akhirnya tergoda buat dipake aja uangnya. Kontrolnya jadi hilang.

Makanya, bakal lebih baik kalau lo punya tujuan jangka panjang soal tabungan investasi lo ini. Misalnya buat “biaya nikah” atau “beli rumah” atau mau liburan sekalipun. Lo juga bisa prioritasin hal mana dulu yang mau lo capai, karena ya kalau kebanyakan yang ada lo juga bisa kebingungan.

Semoga dari sini lo bisa dapat pemahaman soal cara ngebangun kondisi keuangan yang aman serta sehat.

Akhir kata, Gue Jhon dari Satu Persen, thanks.

Bagikan artikel

Disclaimer

Jika Anda sedang mengalami krisis psikologis yang mengancam hidup Anda, layanan ini tidak direkomendasikan.

Silakan menghubungi 119.