7 Strategi untuk Menjaga Persahabatan Jarak Jauh

Persahabatan
Almira Novelia Damayanti
19 Jan 2023

Halo, namaku Mira dan aku adalah Blog Writer di Satu Persen. Kali ini kamu bakal ngebahas soal menemukan tujuan dan motto hidup. Stay tune dan baca sampe abis ya, biar kamu bisa dapet keseluruhan insight-nya!

7 Strategi untuk Menjaga Persahabatan Jarak Jauh
Satu Persen - Persahabatan Jarak Jauh

Udah pernah ngerasain kah , punya sahabat yang jauh banget, tapi kamu merasa hubungan kalian tetap erat dan kuat? Atau justru sebaliknya, kamu merasa kesulitan untuk tetap terhubung? Ya, begitulah dengan long distance friendship  atau persahabatan jarak jauh. Gak sekedar dengan pasangan, tetapi dengan sahabat itu juga sulit.

Tapi, di era teknologi yang semakin canggih, kamu gak perlu khawatir lagi. Persahabatan jarak jauh itu emang bisa bikin kamu merasa jauh dari orang yang kamu sayangi, tapi justru itu yang bikin kamu lebih dekat. Kamu bisa tetap berbagi kenangan dan pengalaman bersama meski jarak jauh.

Di artikel ini, kamu akan ngobrolin gimana pentingnya persahabatan jarak jauh dan gimana cara tetap erat meski jauh dari sahabat kamu.

Daftar Isi

  1. Manfaat Persahabatan Jarak Jauh
  2. Tantangan Persahabatan Jarak Jauh
  3. 7 Strategi Menjaga Persahabatan Jarak Jauh
  4. Kesimpulan

Manfaat Persahabatan Jarak Jauh

Pernahkah kamu punya sahabat yang tinggal jauh banget tapi kamu merasa kalian tetap erat? Nah, itu namanya persahabatan jarak jauh, cara unik dan bermanfaat untuk menjaga hubungan dekat. Meski kamu jauh banget, tapi jarak gak bisa mengukur cinta dan dukungan yang kalian bagi.

Tapi, bukan cuma ngomong aja yang bikin persahabatan jarak jauh itu spesial, pikirkan semua aktivitas seru yang bisa kalian rencanain bersama, kayak nonton film virtual bareng, main game bareng, atau malah kirimin surprise dari suguhan favorit sahabat kamu. Dengan teknologi yang canggih sekarang, kamu bisa tetap terhubung dengan sahabat kamu di mana pun kamu berada.

Walaupun hidup kadang berubah dan rencana terganggu, ada sesuatu yang menyentuh dan meyakinkan ketika kamu punya seseorang yang tahu persis gimana perasaan kamu, meski jauh banget. Tahu kalau kamu punya seseorang yang selalu siap untuk dengar dan ngasih saran, itu bikin perbedaan banget dalam tetap terhubung.

Dan bonusnya, kamu bisa dapetin perspektif baru tentang hidup dari sahabat jarak jauh kamu. Mereka bawa wawasan khusus yang bisa bantu luasin wawasan kamu dan tantang kamu dengan cara yang gak kamu duga. Dari berbagi cerita dan pengalaman hingga menawarkan saran dan dukungan, persahabatan jarak jauh benar-benar dapat membuat perbedaan dalam cara kamu melihat dunia—dan diri kamu sendiri!

Sebelum kamu ngebahas lebih jauh tentang persahabatan jarak jauh, ada nih tips buat kamu dan sahabat kamu. Udah tau kualitas pertemanan kalian? Kalau belum, yuk coba cek Kualitas Pertemanan kamu dengan Tes dari Satu Persen ini! Seru banget dong, pasti bakal tau gimana kualitas hubungan kamu dan sahabat kamu. Ayo, cepetan cek sekarang!

Kualitas-Pertemanan

Tantangan Persahabatan Jarak Jauh

Hal yang membuat persahabatan jarak jauh sulit adalah kesulitan untuk berkomunikasi secara efektif, menjaga hubungan baik dengan teman yang tinggal jauh, dan menghadapi situasi yang tidak dapat digantikan. Teknologi modern telah membantu untuk mendekatkan orang-orang meskipun mereka berada jauh dari satu sama lain, tetapi masih ada tantangan yang harus dihadapi ketika berusaha untuk menjaga persahabatan jarak jauh.

Salah satu tantangan utama adalah komunikasi. Membuat jadwal untuk berkomunikasi dapat menjadi sulit karena perbedaan waktu dan jadwal yang sibuk. Selain itu, keberadaan fisik sangat penting dalam mempertahankan persahabatan, namun pada persahabatan jarak jauh, kamu tidak dapat bertemu dengan teman kamu secara fisik seperti yang kamu inginkan. Perbedaan kebiasaan dan lingkungan juga merupakan tantangan, karena teman kamu dapat hidup di lingkungan yang berbeda dan memiliki kebiasaan yang berbeda.

Ini dapat menyulitkan dalam menjaga persahabatan karena kamu harus beradaptasi dengan perbedaan tersebut. Keterbatasan teknologi juga merupakan tantangan, karena teknologi dapat membantu kamu tetap terhubung, namun jika kamu tidak memiliki akses atau keterampilan yang dibutuhkan, ini dapat menjadi tantangan dalam menjaga persahabatan jarak jauh. Perubahan dalam hidup seperti pindah tempat tinggal, pekerjaan baru, atau perubahan keluarga dapat membuat sulit untuk tetap terhubung dengan teman-teman jarak jauh. Kehilangan kontak dengan sahabat jarak jauh dapat menimbulkan cemas tentang perubahan dalam persahabatan.

Terkadang kesulitan ini menimbulkan konflik-konflik yang tidak diinginkan . Tapi kamu gak perlu khawatir, karena ada cara untuk menyelesaikan konflik itu. Tonton aja video "Cara Menyelesaikan Konflik dari Satu Persen" biar kamu bisa lebih mudah ngatasin masalah ini. Pasti bakal jadi lebih enak deh persahabatan kamu sama sahabat jarak jauh.

Satu Persen - Cara Menyelesaikan Konflik

7 Strategi Menjaga Persahabatan Jarak Jauh

1. Menetapkan Rutinitas untuk Komunikasi

Ini bisa berupa menentukan waktu setiap hari atau minggu untuk berbicara dengan sahabat jarak jauh. Hal ini akan memastikan bahwa kamu tetap terhubung dan dapat menyampaikan perkembangan dalam hidup kamu.

2. Memanfaatkan Teknologi untuk Tetap Terhubung

Ada banyak aplikasi dan alat yang dapat digunakan untuk tetap terhubung dengan sahabat jarak jauh, seperti video call, chat, dan media sosial.

3. Kirim Hadiah atau Surat

Ini bisa berupa barang-barang yang diinginkan sahabat kamu atau kado yang mengejutkan. Surat yang bijaksana dapat mengungkapkan perasaan kamu dan memberikan dukungan.

4. Luangkan Waktu untuk Saling Mengunjungi

Meskipun mungkin tidak setiap saat, berusaha untuk saling mengunjungi dari waktu ke waktu akan membuat persahabatan kamu lebih kuat.

5. Rayakan Acara Khusus Bersama

Seperti ulang tahun atau perayaan lainnya yang bisa diikuti secara virtual. Hal ini akan membuat kamu merasa lebih dekat dan tetap terhubung.

6. Saling Menjaga Kehidupan Satu Sama Lain

Ini bisa berupa memberikan dukungan dan saran, serta berbagi pengalaman dan cerita.

7. Lakukan Kegiatan Menyenangkan Bersama

Seperti malam film virtual, kompetisi video game, atau bahkan hanya mengobrol sambil minum kopi.

Kesimpulan

Persahabatan jarak jauh memang memiliki tantangan tersendiri, namun manfaat yang didapat dari persahabatan ini juga tidak dapat diabaikan. Melalui artikel ini, kamu telah mengetahui bahwa persahabatan jarak jauh dapat memberikan pengalaman yang berbeda dan menyenangkan, serta dapat memperluas wawasan kamu tentang dunia dan diri kamu sendiri.

Namun, untuk dapat mempertahankan persahabatan jarak jauh, kamu perlu berusaha untuk tetap terhubung dengan sahabat kamu. Beberapa cara yang dapat dilakukan adalah dengan menetapkan rutinitas untuk komunikasi, memanfaatkan teknologi untuk tetap terhubung, mengirim hadiah dan surat yang bijaksana, menyempatkan waktu untuk saling mengunjungi, merayakan acara-acara khusus bersama, berusaha untuk saling menjaga kehidupan satu sama lain, dan bersenang-senang dengan kegiatan yang dapat dilakukan bersama meski terpisah.

Oleh karena itu, berinvestasi dalam persahabatan jarak jauh sangat penting untuk mempertahankan koneksi yang kuat dengan sahabat kamu. Dengan cara-cara yang telah disebutkan di atas, kamu dapat tetap erat meski jauh dari sahabat kamu dan menikmati manfaat yang ditawarkan oleh persahabatan jarak jauh.

Jika kamu merasa kesulitan dalam menjaga persahabatan jarak jauh, jangan khawatir. Biarkan Mentor Satu Persen menunjukkan kepada kamu bagaimana hal itu dilakukan! Mentor kami dapat membantu mengidentifikasi masalah yang mungkin muncul, serta menawarkan kata-kata motivasi dan dukungan. Dengan perencana utama yang tepat, kamu akan dapat memperkuat hubungan dengan sahabatmu. Jadi tunggu apalagi? Manfaatkan Mentor Satu Persen sebaik-baiknya dan mulailah perjalanan kesuksesan persahabatan!

CTA-Mentoring-2

Referensi

Sorbello, K. 2016. The Impact of Life Changes on Long-Distance Friendship Maintenance. Journal of Social and Personal Relationships.

Stafford, Laura. 2004. Long-Distance Friendship Maintenance: The Role of Communication Modes and Media Richness. Journal of Social and Personal Relationships.

Bagikan artikel

Disclaimer

Jika Anda sedang mengalami krisis psikologis yang mengancam hidup Anda, layanan ini tidak direkomendasikan.

Silakan menghubungi 119.