Joshua Michael Ahuluheluw, M.Psi, Psikolog, CMHA

Jumlah sesi terlaksana: Baru!


PROFIL PSIKOLOG

Hai, sahabat Satu Persen! Saya Joshua Michael Ahuluheluw, seorang psikolog klinis yang aktif berbagi pengalaman dengan berbagai golongan, mulai dari anak-anak hingga lanjut usia. Sejak lulus dari Magister Psikologi Profesi di Universitas Surabaya, saya berpraktik di salah satu fasilitas pelayanan kesehatan secara online maupun tatap muka (dengan perjanjian). Selain itu, saya juga seorang life coach serta grafolog yang berpraktik di salah satu biro swasta.

Hingga saat ini, saya rutin memberikan beberapa konsultasi/konseling dan psikoedukasi terkait dengan kecemasan serta regulasi emosi. Dalam mengatasi berbagai permasalahan tersebut, saya menggunakan pendekatan mind-body connection. Kombinasi ini meliputi berbagai keterampilan seperti mindfulness, EFT (Emotional Freedom Technique), dan DBT (Dialectic Behavior Therapy). Di samping itu, saya juga menggunakan pendekatan grafologi (expressive writing serta journaling) untuk mengurangi intensitas emosi negatif yang dirasakan oleh klien, baik secara fisik maupun psikis. Dengan begitu, klien mendapatkan insight yang baru melalui pendekatan SFBT (Solution Focused Brief Therapy), yang didukung oleh CBT (Cognitive Behvaior Therapy) serta NLP (Neuro Linguistic Programming).

Berdasarkan pengalaman yang telah saya jalani bersama klien, saya yakin bahwa setiap orang memiliki keunikannya tersendiri. Dengan keunikannya, individu mampu bangkit menjadi pribadi yang lebih baik. Saya pun semakin termotivasi untuk membantu orang lain agar kembali menemukan arah hidupnya yang lebih bermakna.

 

Informasi mengenai Psikolog:

Agama: Kristen

Status Pernikahan: Belum Menikah

Tahun kelahiran: 1994

Suku: Ambon, Dayak

Bahasa: Indonesia, Banjar

Sudah melaksanakan konseling sejak tahun 2017

KEAHLIAN PSIKOLOG

  • Kecemasan yang Berkepanjangan
  • Kelelahan Emosional
  • Kecenderungan Menyakiti Diri Sendiri
  • Pengalaman Traumatis
  • Gangguan Obsessive Compulsive
  • Orientasi Seksual dan gender

Keahlian Lain :

Life coaching (transforming mindset dan goal setting), grafologi, minat-bakat, konseling karir

Pendekatan Terapi :

Dialectical Behavior Therapy (DBT) 
Merupakan evidence-based therapy yang efektif dalam menangani gangguan kepribadian dan konflik interpersonal. DBT akan membantumu untuk mengembangkan cara yang sehat untuk mengatasi stres, mengatur emosi, hidup di sini dan saat ini (mindful), dan meningkatkan hubungan dengan orang lain.

Solution Focused Brief Therapy (SFBT)Adalah sebuah pendekatan psikoterapi yang berfokus pada membangun solusi daripada pemecahan masalah. Melalui SFBT, terapis akan membantumu untuk memunculkan tujuan yang ingin kamu capai, mengidentifikasi kelebihan yang bisa kamu gunakan untuk mencapai tujuan, dan mendorongmu untuk melakukan perubahan.

Mindfullness
Terapi ini akan membantumu mengurangi permasalahan psikologis seperti depresi, kecemasan, kekhawatiran, dan permasalahan lainnya dengan cara mengembangkan awareness terhadap pikiran dan dunia di sekitarmu, berfokus pada masa kini dan tidak memberikan penilaian terhadap pikiran dan situasi.

Grafologi

Merupakan salah satu teknik untuk menganalisa kepribadian, minat-bakat, serta potensi pengembangan diri serta hambatan yang muncul di dalam diri melalui tulisan tangan. Dengan pendekatan ini, kamu akan lebih mengenali diri lebih dalam dan memahami bagaimana cara menyelesaikan masalah yang dihadapi. Lebih lanjut, kamu juga akan menjadi lebih rileks secara fisik dan psikis melalui aktivitas menulis.

Emotional Freedom Technique (EFT)

Salah satu pendekatan yang mengkombinasikan koneksi antara tubuh, pikiran dan afeksi (mind-body connection). Melalui pendekatan ini, kamu akan lebih mengenali “sinyal” tubuh ketika menghadapi sebuah permasalahan tertentu, yang kemudian akan dinetralkan dengan beberapa pendekatan emosional. Pendekatan ini mengandalkan keterampilan menyadari muscle-memory yang dibantu dengan mediator titik acupressure.

Cognitive Behavior Therapy (CBT)

Berakar pada konsep bahwa pikiran, perasaan, dan perilaku negatif merupakan akar dari permasalahan psikologis seseorang. CBT akan membantumu belajar bagaimana mengidentifikasi dan mengubah pola pikir yang merusak atau mengganggu, dan membantu mengembangkan keterampilan problem-solving. CBT efektif untuk menangani berbagai permasalahan psikologis seperti depresi, kecemasan, OCD, adiksi, gangguan tidur & makan, hingga psikosis.

Neuro Linguistic Programming (NLP)

Sebuah pendekatan komunikasipengembangan pribadi, dan psikoterapi yang membantu proses hubungan antara proses neurologi ("neuro"), bahasa ("linguistic") dan pola perilaku yang dipelajari melalui pengalaman ("programming") dan bahwa hal tersebut dapat diubah untuk mencapai tujuan tertentu dalam kehidupan.

TESTIMONI

Disclaimer

Jika Anda sedang mengalami krisis psikologis yang mengancam hidup Anda, layanan ini tidak direkomendasikan.

Silakan menghubungi 119.