Rencana yang Tepat: Menemukan Tujuan dan Motto Hidup melalui Konseling

Tujuan Hidup
Almira Novelia Damayanti
13 Jan 2023

Halo, namaku Mira dan aku adalah Blog Writer di Satu Persen. Kali ini kita bakal ngebahas soal menemukan tujuan dan motto hidup. Stay tune dan baca sampe abis ya, biar kamu bisa dapet keseluruhan insight-nya!

Temukan Tujuan dan Motto Hidup: Pentingnya Menetapkan Tujuan Jangka Pendek dan Jangka Panjang
Satu Persen - Tentukan Tujuan & Motto Hidup

Pernahkah kamu merasa kebingungan dalam menentukan tujuan hidup atau motto hidup kamu? Atau mungkin kamu merasa kesulitan dalam mencapai tujuan yang telah kamu tetapkan sebelumnya? Faktanya, banyak dari kita yang mengalami kesulitan dalam menentukan tujuan hidup yang tepat dan mencapai tujuan tersebut. Namun, menetapkan tujuan hidup jangka pendek dan jangka panjang dapat membantu kamu untuk lebih fokus dan terarah dalam mencapai keberhasilan hidup.

Dalam blog ini, kami akan mengajak kamu untuk menemukan tujuan dan motto hidup kamu serta mengetahui pentingnya menetapkan tujuan jangka pendek dan jangka panjang dalam hidup. Bersama-sama kita akan belajar bagaimana cara menetapkan tujuan yang realistis dan efektif, serta mencapai keberhasilan hidup yang sebenarnya. Ayo baca blog ini sampai selesai dan mulai menemukan tujuan dan motto hidup kamu bersama kami!

Daftar Isi

  1. Mengenal Tujuan dan Motto Hidup
  2. Mengenal Tujuan Jangka Pendek
  3. Menetapkan Tujuan Jangka Pendek
  4. Mengenal Tujuan Jangka Panjang
  5. Menetapkan Tujuan Jangka Panjang
  6. Kesimpulan

Mengenal Tujuan dan Motto Hidup

Menetapkan tujuan hidup bisa menjadi proses yang menarik, namun mengintimidasi. Bagaimanapun, tujuan-tujuan ini akan membentuk masa depan kamu dan menentukan arah hidup kamu. Tapi apa sebenarnya tujuan hidup itu dan mengapa itu penting?

Tujuan hidup adalah ambisi pribadi yang kamu bangun untuk diri sendiri. Ini bisa besar atau kecil, jangka panjang atau jangka pendek, tetapi pada akhirnya itu adalah sesuatu yang kamu upayakan untuk dicapai. Memiliki tujuan hidup sangatlah penting; Ketika kita memiliki arah dan ambisi yang jelas, itu memberi kita motivasi dan fokus. Motto hidup juga penting karena berfungsi sebagai pengingat ketika kita merasa putus asa tentang kemajuan kita. Untuk kamu yang masih bingung dengan nilai dan tujuan hidup kamu. Kamu bisa mengikuti Tes Tujuan Hidup dan Personal Value dari Satu Persen, agar kamu bisa lebih mengenal diri kamu sebelum menetapkan tujuan jangka panjang dan jangka pendek kamu.

Dengan menetapkan tujuan jangka pendek dan jangka panjang, kami memberi diri kami kesempatan terbaik untuk berhasil. Ini memungkinkan kita untuk mencapai tonggak yang lebih kecil dalam perjalanan kita untuk mencapai tekad kita sambil memberi kita rasa pencapaian dan kepuasan. Selain itu, ini memberi kita sesuatu untuk dinantikan di masa depan, menginspirasi kita untuk tetap rajin dan tetap ambisius bahkan ketika keadaan menjadi sulit. Jadi jangan meremehkan kekuatan menetapkan tujuan hidup – memiliki tujuan adalah langkah pertama untuk menciptakan masa depan yang sukses.

Satu Persen - Menentukan Tujuan Hidup

Mengenal Tujuan Jangka Pendek

Tujuan jangka pendek adalah tujuan langsung yang ditetapkan untuk mencapai tujuan jangka panjang yang lebih besar. Tujuan jangka pendek dapat dicapai atau dimaksudkan untuk dicapai dalam waktu satu tahun atau kurang dan direfleksikan sebagai hasil terukur yang dapat diukur.

Tujuan jangka pendek pada dasarnya adalah batu loncatan dalam perjalanan untuk mencapai ambisi jangka panjang. Mereka bertindak sebagai rambu-rambu, membantu memecah tujuan yang lebih besar menjadi potongan-potongan yang dapat dikelola. Dengan menggunakan metode ini untuk menargetkan tonggak yang lebih kecil dan dapat dicapai di sepanjang jalan, kita dapat tetap di jalur dan tetap termotivasi dalam mengejar tujuan akhir kita. Meskipun penting untuk memiliki rencana menyeluruh, menetapkan tujuan jangka pendek yang realistis membantu mencegah kita menjadi kewalahan atau menyerah terlalu cepat. Dengan fokus yang jelas dan sikap yang tepat, kamu dapat mencapai tujuan jangka panjang ambisius kamu selangkah demi selangkah.

Menetapkan Tujuan Jangka Pendek

Di bab sebelumnya kita sudah belajar terkait definisi dan manfaat dari tujuan jangka pendek. Nah, tapi gimana yah caranya? Menetapkan tujuan jangka pendek tidak harus menjadi tugas yang menakutkan! Berikut adalah 5 cara sederhana untuk memulai:

1. Tetapkan Tujuan yang Spesifik

Misalnya, jangan hanya bilang "Mau naikin penjualan aja", tapi cobalah untuk bilang "Mau naikin penjualan 20% dalam sebulan ini". Ini bakal bikin tujuan kamu jelas dan gampang diukur.

2. Buat Target yang Dapat Diukur

Setelah kamu nentuin tujuan, selanjutnya kamu perlu nentuin target yang bisa diukur. Misalnya, kalau tujuan kamu adalah naikin penjualan, target yang bisa diukur itu jumlah penjualan yang diinginkan.

3. Visualisasikan Tujuan

Bayangin aja diri kamu udah ncapain tujuan itu, kayak gimana rasanya? Giman perasaan kamu saat itu? Visualisasi ini bakal bantu kamu buat lebih fokus dan semangat dalam ncapain tujuan.

4. Bagikan Tujuan ke Dalam Tugas-Tugas yang Lebih Kecil

Tujuan yang besar sering bikin janggal, jadi buat gampang mencapainnya, pecahin jadi beberapa tugas kecil yang bisa dilakuin dalam satu hari atau satu minggu.

5. Buat Batas Waktu

Setelah mencapai tujuan, evaluasi hasilnya dan lakukan perbaikan jika diperlukan untuk mencapai tujuan yang lebih baik di masa depan.

Jika dengan 5 cara tersebut dirasa masih membingungkan, kamu bisa berkonsultasi dengan seorang profesional seperti Psikolog. Satu Persen menyediakan layanan konseling bersama Psikolog yang dapat memberikan arahan kamu dalam mengenal diri lebih dalam, merencanakan, dan menetapkan tujuan dan motto hidup kamu. Yuk daripada penasaran coba cek dulu website Konseling Satu Persen ya!

CTA-Konseling-1-3

Mengenal Tujuan Jangka Panjang

Ketika datang untuk menciptakan kehidupan yang sukses dan pemenuhan, menetapkan tujuan jangka panjang adalah kuncinya. Tujuan jangka panjang adalah tujuan yang kami rencanakan untuk dicapai dalam jangka waktu yang lama, biasanya lebih dari 12 bulan. Mereka berbeda dari tujuan jangka pendek, yang biasanya memiliki tenggat waktu 12 bulan atau kurang. Tujuan jangka panjang memberi kita peta jalan yang jelas yang memungkinkan kita untuk tetap fokus pada gambaran yang lebih besar. Mereka membuat kita tetap termotivasi dan mengingatkan kita tentang tujuan akhir kita. Dengan tujuan jangka panjang yang ditetapkan dengan jelas, kamu dapat memecah perjalanan kamu menjadi langkah-langkah yang lebih kecil dan lebih dapat dicapai.

Memiliki tujuan jangka panjang dapat membantu memberikan kejelasan dalam pengambilan keputusan dan mengurangi stres. Memiliki tonggak sejarah tersebut dapat berfungsi sebagai alat ukur kemajuan. Dengan menetapkan target, kita memiliki sesuatu untuk dikerjakan dan dirayakan ketika kita mencapainya. Menetapkan tujuan jangka panjang juga akan membantu kamu mendapatkan keterampilan yang berharga di sepanjang jalan, yang dapat terbukti sangat berharga dalam kehidupan pribadi dan profesional kamu.

Menetapkan tujuan jangka panjang juga memberi kita kesempatan untuk bermimpi. Kita dapat menggunakan visi itu sebagai kekuatan yang memotivasi dan berjuang untuk pencapaian yang lebih besar. Hasil yang mungkin akan meningkatkan kepercayaan diri dan ketahanan yang lebih besar. Ketika masa-masa sulit dan tujuannya tampak jauh, kita dapat melihat kembali rencana kita dan mengkalibrasi ulang sesuai dengan itu. Secara keseluruhan, tujuan jangka panjang memberi kita rasa tujuan, arah, dan tekad yang membantu membimbing kita dalam hidup.

Menetapkan Tujuan Jangka Panjang

Apakah kamu ingin menetapkan beberapa tujuan jangka panjang untuk diri sendiri? Setiap orang membutuhkan sedikit arahan dalam hidup, dan memiliki beberapa tujuan jangka panjang adalah cara terbaik untuk memberi diri kamu kejelasan. Tetapi kunci untuk mencapainya adalah memecahnya menjadi langkah-langkah yang lebih kecil dan dapat dikelola yang mudah dilacak dan dicapai. Berikut adalah lima metode sederhana dan mudah yang bisa kamu lakukan:

1. Tentukan Gambaran Besar yang Ingin Dicapai

Ini adalah langkah penting dalam menentukan tujuan jangka panjang. Gambar besar ini akan menjadi acuan untuk tujuan yang akan dicapai, seperti ingin menjadi CEO dari perusahaan yang diinginkan atau memiliki bisnis sendiri.

2. Tetapkan Tujuan Menggunakan Metode SMART

Metode SMART adalah cara yang efektif untuk menentukan tujuan yang spesifik, measurable, achievable, relevant dan time-bound. Ini akan membantu kamu untuk fokus pada tujuan yang ingin dicapai dan menentukan tindakan yang harus diambil.

3. Tulis dan Komunikasikan dengan Orang-Orang yang Dipercayai

Ceritakan tujuan kamu kepada orang-orang yang dipercayai untuk memiliki dukungan dari mereka. Ini juga akan membantu kamu untuk tetap fokus dan membuat kamu lebih bersemangat dalam mencapai tujuan kamu. Kamu juga bisa menceritakannya dengan seorang profesional seperti mengikuti konseling bersama Psikolog.

4. Sejajarkan Tujuan dengan Nilai-Nilai kamu

Pastikan tujuan kamu sejalan dengan apa yang kamu anggap penting dan penting bagi hidup kamu. Ini akan membuat kamu lebih yakin dan lebih bersemangat dalam mencapai tujuan kamu.

5. Pecahkan Tujuan Besar Menjadi Target Jangka Pendek

Pecahkan tujuan besar menjadi beberapa target jangka pendek. Ini akan membuat tujuan kamu lebih mudah untuk dicapai dan membantu kamu untuk tetap fokus pada tugas-tugas yang harus segera dikerjakan.

Kesimpulan

Wah, sepertinya kita sudah menyelesaikan perjalanan yang menyenangkan dalam menentukan tujuan hidup dan motto kita. Ternyata, menetapkan tujuan jangka pendek dan jangka panjang itu sangat penting untuk meraih kesuksesan hidup. Tapi ingat, tujuan hanyalah langkah pertama, kita juga harus mengerti apa yang sebenarnya kita inginkan dari hidup dan bergerak untuk mencapainya.

Ketika dihadapkan dengan pertanyaan 'apa yang saya inginkan?' luangkan waktu untuk mencari tahu dan memiliki tujuan dan komitmen untuk mencapai tujuan tersebut. Memiliki tujuan dan moto akan membantu kamu tetap fokus dan termotivasi dalam hidup, itulah sebabnya mencari bantuan dari seorang ahli bisa sangat bermanfaat untuk mencapai potensi tertinggi kamu.

Jika kamu tertarik untuk mengembangkan lebih lanjut tujuan pribadi dan profesional kamu, mengapa tidak memeriksa podcast Tujuan Hidup yang Tersesat dan melihat langkah nyata apa yang dapat kamu ambil untuk memulai proses ini? Menjalani hidup dengan potensi penuhnya tidaklah mudah; itu membutuhkan kejelasan, tekad dan upaya yang konsisten. Namun, dengan strategi dan dukungan yang tepat, itu pasti dalam jangkauan. Jadi jangan ragu - mulai hari ini!

Satu Persen Podcast - Tujuan Hidup yang Tersesat

P.S.: Oh iya! Kalau kamu masih merasa ragu dan butuh bantuan dari seorang profesional, kamu bisa berkonsultasi dengan Psikolog dari Satu Persen.

CTA-Konseling-1

Referensi:

Atome. 5 Cara Menetapkan Tujuan Pribadi Secara Realistis. https://www.atome.id/blog/5-cara-menetapkan-tujuan-pribadi-secara-realistis

Ferdiani, K. 2020.  Menetapkan Tujuan untuk Meningkatkan Karier Anda. Modal Rakyat. https://www.modalrakyat.id/blog/menetapkan-tujuan-untuk-meningkatkan-karier-anda

Guinness, H. 2020. Cara Menetapkan (+Menjangkau) Tujuan Pribadi Anda dalam Kehidupan dan Pekerjaan. Envatotuts+. https://business.tutsplus.com/id/articles/set-your-personal-goals-in-life-work--cms-31501

Hidayat, H. 2022. Menetapkan Tujuan Untuk Meningkatkan Karir Anda. myrobin.id. https://myrobin.id/untuk-pekerja/menetapkan-tujuan-untuk-karir

Kerja Yuk. Cara Menjawab Pertanyaan Interview: “Apa tujuan jangka panjang Anda?”. http://kerjayuk.com/karir/cara-menjawab-pertanyaan-interview-apa-tujuan-jangka-panjang-anda/

Rencanamu. Begini Cara Orang Sukses Merancang Tujuan Jangka Panjang. https://rencanamu.id/post/inspirasi/begini-cara-orang-sukses-merancang-tujuan-jangka-panjangnya

Widya, I. 2022. Langkah Membuat Tujuan Jangka Pendek dan Panjang untuk Kesuksesan Karier. Parapuan. https://www.parapuan.co/read/533598949/6-langkah-membuat-tujuan-jangka-pendek-dan-panjang-untuk-kesuksesan-karier?page=all

Wolipop. Cara Menetapkan Tujuan Jangka Pendek & Panjang dalam Karir. https://wolipop.detik.com/work-and-money/d-1884317/cara-menetapkan-tujuan-jangka-pendek--panjang-dalam-karir

Bagikan artikel

Disclaimer

Jika Anda sedang mengalami krisis psikologis yang mengancam hidup Anda, layanan ini tidak direkomendasikan.

Silakan menghubungi 119.