Sebenernya Healing itu Baik Gak Sih?

Ocky Jhon
13 Sep 2023

Kalau lo ada di internet beberapa waktu terakhir ini, lo pasti sering denger kata ini: Ya, “Healing”. Butuh self healing karena cape. Self healing karena toxic relationship. Burnout lalu butuh self healing, dan berbagai macam healing di berbagai kalimat lainnya. Sampai akhirnya muncul yang paling menggegerkan twitter, salah satu akun curhat menfess membagikan kutipan dari anak muda umurnya 21 tahun yang baru kuliah, dan dia merasa bahwa kuliah mengurangi waktu dia utk healing dan self reward. Bahkan dia bilang dia perlu healing 6 bulan.

Yang jadi pertanyaan adalah: Kok sekarang banyak yah orang yang pengen self healing? Apakah bener generasi Z itu generasi yang manja? Apakah perkataan mahasiswa umur 21 tahun ini wajar?



Jawaban dari pertanyaan tadi akan gue jelasin lewat 3 sudut pandang.

Pertama: Kita bisa melihat fenomena ini dari buku Pak Rhenald Kasali, Strawberry Generation. Jadi gini, kenapa sih ada fenomena ini di generasi Z? Well bisa dibilang, generasi Z, kalo kata Prof Rhenald adalah generasi paling kreatif, tapi di saat bersamaan, juga merupakan generasi yang mudah menyerah dan gampang sakit hati.

Kenapa sih? Salah satu alasannya adalah ini: Kondisi perekonomian saat ini tuh bisa dibilang jauh lebih sejahtera dibandingkan generasi sebelumnya. Dampaknya adalah orang tua jadi pengen buat selalu memberikan apapun kepada anaknya. Dan juga memunculkan kebiasaan overprotektif dan oversharing, alias semuanya dikasih. Dan banyak hal juga yang gak dialami sama anak2. Yang akhirnya bikin anak2 sekarang jadi cenderung (dalam tanda kutip) ya lebih manja dan ingin segala instan.

Selain itu, karena kondisi lebih sejahtera, orang tua juga akhirnya punya ekspektasi yang tinggi dan biasanya berharap agar ekspektasi itu bisa dicapai. Kalau nggak bisa? Ya ortu akan cenderung nyalahin kita.

Hal inilah, yang katanya sih ngebikin anak jadi takut gagal, jadi people pleaser, dan mudah cemas ketika mereka berhadapan sama hal yang nggak pasti.  Dan ini kebawa sampai gede. Itu adalah jawaban dan sudut pandang pertama

Kedua. Kenapa sih generasi sekarang tuh healing2 mulu? Well, katanya sih ada hubungannya dengan media sosial.

Kalau lo perhatiin, media sosial ini biasanya banyak digunakan untuk selebrasi keberhasilan, flexing, memamerkan sesuatu. Salah atau nggak? Ya nggak juga sih, tapi ini ya ngasih dampak tertentu. Yang akhirnya ngebuat kita cenderung ngeliat orang hanya dari keberhasilan mereka aja, prosesnya biasanya gak keliatan. Kita juga jadi sering ngebanding2in diri, ngerasa bahwa kita gak seberhasil itu, atau ngerasa bahwa kita tuh harusnya lebih ok dari situasi sekarang

Akhirnya banyak orang di generasi ini pengen sukses dan berhasil dalam waktu singkat. Pas gagal, jadi down banget dan ditambah lagi kita ngebandingin diri kita sama orang lain, yang bisa jadi gak serealistis itu utk dibandingin, atau bahkan, ternyata kita hanya ngebandingin diri sama brand image aja, gak tahu kan di belakangnya kayak gimana

Selain itu, kita juga terpapar sosmed dari kecil. Kalau kita cek dari sudut pandang psikologi perkembangan, masa remaja adalah masa dimana pengakuan orang lain dan pencarian identitas itu penting banget. Dan waktu kita nggak dapetin hal itu, kita jadi lebih gampang ngerasa down. Beberapa pendapat sih bilang kayak gitu ya.

Belum lagi sekarang juga masa pandemi di mana kehidupan kita berubah total. Ada yang ngambil kesuksesan dari sini, akhirnya diposting di sosmed. Tapi banyak juga yang tentunya gagal/merasakan dampak buruk dari pandemi ini

Itu adalah alasan kedua.

Ketiga, adalah alasan yang menurut gue bisa kita lihat juga sih. Ada juga pandangan gini: Sekarang sama dulu sebenernya gak beda2 banget. Bedanya adalah: Orang sekarang itu lebih humanis, lebih memandang manusia lebih baik daripada dulu, dan lagi2 ya memang lebih melek sama kondisi kesehatan mental mereka. Jadinya, ketika ada gejala, ya dicaritahu dong. Meskipun ya dampaknya bisa jadi self diagnosis atau mungkin ngerasa bahwa dia butuh penyelesaian, atau dalam bahasa psikologi butuh yang namanya ‘stress coping’. Nah di sini nih masalahnya.

Emang sih generasi sekarang lebih melek sama kesehatan mental, sayangnya gak bisa kita pungkiri, pemahaman soal gimana cara menjaga atau menghadapi stres itu masih jarang banget dibahas. Kita gak pernah kanbelajar tentang ini di sekolah? Ya kecuali2 anak2 yang belajar kesehatan mental yang notabene belajar tentang ini di kuliah

Sebagai orang yang belajar, dan juga sedikit2 sharing dan ngajarin banyak temen2 ya, gue seneng banget sih. Tapi di saat bersamaan juga kadang agak gimana gitu.

Karena ya yang dikatakan oleh mahasiswa yang butuh healing 6 bulan tadi valid sih. Kalo dia ngerasa cape, burnout, atau stress, ya gak bisa dibilang dia gak ngerasain itu dong? Iya kan? Toh tiap orang beda2. Sayangnya, emang cara stress coping-nya aja sih, yang bisa jadi gak bisa diterima banyak orang, dan mungkin bisa kita bilang agak manja. Karena ya masa healing butuh 6 bulan?

Terus gimana dong? Well, karena kita gak pernah belajar ini, ya wajar sih.

Hal yang orang tahu ya, kalau stres harus healing. Harus liburan ke Bali. Harus refreshing. Nggak 100% salah juga tapi jarang banget kita denger buat gimana caranya menghadapi stres itu.

Tapi ya namanya stress, solusinya tentu ada banyak. Dan gak semua stress bisa kita handle dengan so-called healing yang kita ketahui sekarang, dan gak semua stress juga bisa kita handle tanpa healing

Terus gimana dong harusnya Van? Gue harus ngapain?

Well, yang jelas pertama: Lu harus tahu bahwa healing yang kita kenal sekarang, kayak liburan, istirahat, dsb. Itu hanya salah satu jenis penagnana masalah. Cuman salah satu jenis stress coping. Dan ini gak cocok untuk semua.

Healing yang kita kenal itu dinamakan dengan strategi emotion focused coping

Apa itu emotion focused coping?

Ini adalah penanganan stress atau masalah yang fokus pada emosi. Di strategi ini, kita fokus buat ngurangin stres dengan mengalihkan perhatian kita dari sumber masalah kita. Aktivitas kayak journaling, meditasi, praktek mindfulness, nangis, curhat masalah ke temen, atau bahkan Mentoring dan konseling itu bisa membantu buat kita lebih baik. Jadi gak hanya cuti atau liburan ke Bali aja.

Tapi balik lagi, karena fokus ini adalah ngurangin stres dengan tujuan buat nenangin diri: Biasanya masalah kita nggak akan selesai. Maksudnya gimana? Jadi gini: Kalo lo ada masalah di kuliah. Anggap aja lo males dan kesulitan belajar ketika lo mahasiswa. Kalo lo nyoba emotion focused coping, misal lo melakukan relaksasi, dengerin musik, tidur, makan, nongkrong. Lu melakukan itu mungkin akan menenangkan diri lo. Tapi apakah masalah sulit belajarnya akan hilang? Gak juga sih. Karena ya lo hanya melakukan sesuatu yang menenangkan diri lo

Kalo misalnya lo ada masalah sama pacar lo. Terus lo kabur sejenak untuk healing. Apakah masalah dengan pacar lo tiba2 hilang? Ya nggak juga. Sama juga dengan masalah kerjaan, dsb.

Nah, di sinilah emotion focused coping gak cukup. Kita bisa jadi tetap perlu buat hadapin masalahnya dengan strategi kedua.

Yaitu problem-focused coping. Fokus penanganan masalahnya adalah ke problem. Jadi gini, kalo lo stress sama sesuatu atau ada masalah, lo mencoba menghilangkan sumber stres lo dengan cara menghadapi dan menyelesaikan masalahnya.

Misalnya, lo stres banget buat UAS atau lo stress ngerjain kerjaan baru di kantor. Solusinyakalo menurut problem focused coping ya adalah, selesein pekerjaan lo. Di sanalah lo gak bakal ngerasa stress. Stress UAS? Ya belajar. Ada masalah sama pasangan? Ya komunikasiin dan selesain. Kalo gak bisa gimana? Ya identifikasi, apa sih yang kurang? Misalnya, lo ternyata gak bisa komunikasi sama pacar, nah bisa ikut webinar komunikasi asertif misalnya, yang dibikin sama Satu Persen. Misal lo males? Ya lo belajar tentang gimana mengatasi rasa malas lewat YouTube dan Webinar Melawan Rasa Malas Satu Persen, lalu lo selesain tuh masalah malesnya.

Bedanya problem-focused dan emotion focused ini adalah fokusnya. Yang satu fokus menenangkan diri, yang satu fokus menenangkan masalah.

Terus, yang lebih bagus yang mana? Well, sebenernya kalo gue boleh memihak, ya bagusan problem focused coping. Karena ya masalahnya bisa kelar. Lu gak perlu healing, gak banyak waktu kebuang, dan kerjaan lu bisa kelar secara efektif.

Tapi ya gak bisa juga kita ninggalin emotion focused coping. Bisa dibilang ya ya kita butuh keduanya. Bahkan, ada juga kok masalah yang problem focused coping itu gak bisa selesain. Misalnya, amit2 nih, orang terdekat lu meninggal. Kalo orang terdekat lu meninggal, lu mesti ngapain? Ya healing sih. Karena masalahnya gak bisa diselesain kan. Yang diselesaikan adalah lu dengan emosi lu. Tapi kalo masalahnya kuliah? Ya bisa dipelajari dan diselesain. Masalahnya, gak semua orang punya kepribadian dan ketenangan yang sama kan dalam menghadapi masalah, bisa jadi orang A butuh waktu sehari buat nyelesain masalah sama pasangan, tapi orang B hanya butuh 5 menit, karena udah belajar dan latihan misalnya dari sesi Mentoring di Satu Persen. Bisa aja kayak gitu.

Jadi apakah si mahasiswa 21 tahun salah? Gak juga sih, perasaan dia tentu valid. Dan kita gak bisa tahu apa yang dia rasain. Tapi apakah gue setuju bahwa healing butuh 6 bulan dan cuti kuliah? Well, tentu ini tergantung situasi dan kondisi, tapi kalo menurut gue ya gue cenderung gak setuju. Karena kalo dallam kondisi normal, ketika kita dihadapkan dengan masalah stress kuliah ini termasuk masalah yang bisa diselesain dengan waktu lebih singkat daripada 6 bulan, jadi healing-nya kalo bisa ya lebih singkat, lalu kita juga bisa ngelakuin strategi problem focused coping, biar masalah kita dengan kuliah bisa kelar lebih cepet. Misal, ya dengan ikut workshop/webinar yang ngajarin kita manajemen waktu, passion, dsb. (ini sambil tunjukin webinar2 satu persen yah)

Berati kita harus gimana? Well, ada beberapa tips singkat yang bisa lo lakuin, kalo menrutu gue:

Pertama, pahami kalau setiap masalah adalah situasi yang kompleks dan berbeda buat tiap orang. Orang A mungkin butuh healing, orang B mungkin nggak. Lo mungkin gak butuh healing, tapi bukan berarti orang lain gak butuh

Kedua, solusi buat tiap masalah itu beda. Dan gapapa utk healing atau pake emotion focused coping. Tapi inget, jangan berlarut2, dan coba latih juga problem focused coping yang lebih cepet. Udah banyak riset yang nunjukin kalo orang yang lebih banyak emotion focused coping, itu lebih rentan kena gangguan kesehatan mental, so kalo lo masih nyelesain masalah dengan nenangin diri atau kabur, coba deh dilatih utk gak terlalu berlarut2 atau lama. Karena ini akan bikin lo kuat mental dan membuat lo bisa mengatasi masalah apapun dengan makin cepet

Ketiga, fokus ke hal yang bisa lo kontrol. Dibadningkan kita nyalahin keadaan, lingkungan, teman, orang tua, mendingan kita cobaf okus ke diri kita. Apa sih yang bisa kita lakuin? Kalo butuh healing, gapap sih healing aja. Terus abis itu fokus lagi ke diri sendiri, abis ini gue mau ngapain? Gimana ya carabiar kerja gue lebih efektif?

Keempat, ketahuilah tanda-tanda ketika lo emang butuh bantuan.

Tuntutan ke generasi ini gak bisa dipungkiri bisa jadi lebih berat dan lebih kompleks dari generasi-generasi sebelum kita. Kita juga hidup di zaman sosmed, pandemi, dan berbagai macam hal lainnya.

Ada suatu benchmark sederhana yang menurut gue bisa ngebantu lo utk lo lebih peka, kira2 kapan lo butuh Konsultasi ke profesional. Pertama, kalo masalah yang lo alami ini udah lebih dari 2 minggu ngebuat lo ngerasa down, atau ngerasa negatif terus-menerus, kepikiran terus, dan ngeganggu, mungkin lo butuh curhat sih. Kedua, ketika lo ngerasa gak bisa nyelesain masalah ini sendiri dan bingung solusinya gimana. Ketiga, lo juga bisa pake asesmen psikologi, salah satunya adalah tes tingkat stress atau satu lagi adalah tes layanan -> Satu Persen nyoba untuk ngedevelop tes yang bisa ngescreening dan ngeliat kira2 stress lo tinggi gak dan lo butuh layanan apa di Satu Persen -> Bisa cek link di deskripsi yah. Dan inget ya ini disclaimer: Stress lo tinggi gak bikin lo mengalami yang namanya gangguan mental, karena ini butuh didiagnosis oleh ahli, yaitu Psikolog dan Psikiater. Gak semua orang juga mesti ke Psikolog atau Psikiater, bisa jadi ada orang yang hanya butuh psikoedukasi dari YouTube, butuhnya arahan teknis dari Webinar, atau didengerin curhatnya oleh Mentor -> Coba cek aja dari ketiga aspek ini lo ada di mana, dan tentuin layanan yang kira2 cocok buat lo.

Kalo ragu mau layanan yang mana? Yaudah sih, saran gue ke Mentor Satu Persen  aja dulu yang bisa jadi tempat pertama lo buat berkeluh kesah dan nyari pemahaman buat gimana caranya menyelesaikan masalah lo.

Nanti abis dari Mentor Satu Persen, lo juga bakal dapet personalized treatment. Yang bakal nentuin sebenernya treatment yang lo butuh itu setelah sesi pertama kayak gimana -> Kasih personalized treatment.

Kalau lo tertarik, lo bisa klik link yang ada di description box atau pergi aja ke satupersen.net ya.

Akhir kata, kalau ada yang bilang anak muda sekarang itu manja: sebenernya jawabannya bisa iya atau nggak, tapi ya wajar aja sih, mengingat keadaan saat ini kayak gini + edukasinya memang belum cukup. Tapi gue harap artikel ini nggak bikin lo makin down sama kondisi ya. Inget aja bahwa ketika lo down, ada harapan kok untuk kit abisa bangkit, dan kita juga bisa terus ngembangin diri dan nguatin mental kita, ya mulai aja sedikit2 seenggaknya satu persen setiap harinya.

Terakhir, Gue Jhon dari Satu Persen, semoga artikel nya membantu. Thanks!

Bagikan artikel

Disclaimer

Jika Anda sedang mengalami krisis psikologis yang mengancam hidup Anda, layanan ini tidak direkomendasikan.

Silakan menghubungi 119.