MISKIN TAPI BAHAGIA: Apakah Bisa?

Psychology of Finance
Ocky Jhon
12 Sep 2023

Sesuai namanya, Yogyakarta hadir dengan berbagai keistimewaannya yang bikin siapapun bahagia dan rindu sama Jogja. Bahkan, ada satu riset juga negbuktiin kalau warga Jogja jadi masyarakat paling bahagia no 3 se-Indonesia.

Tapi di sisi lain, Yogyakarta juga dinyatakan sebagai salah satu provinsi dengan UMP terendah di Indonesia dengan angka cuma 1,9jt-an. Yang artinya, orang-orang Jogja tuh pada bahagia, tapi duitnya kaga sebanyak itu.

Fenomena ini juga akhirnya bikin gue jadi bertanya-tanya sih. Apakah bener kita bisa bahagia walau miskin atau berpenghasilan rendah? Atau ada faktor-faktor lain juga? Terus, kalau emang jadi miskin juga udah bikin kita bahagia? Kenapa kita harus susah-susah cari duit banyak? Wkwkwk. So, baca artikel ini sampe akhir buat dapet jawabannya ya.

Miskin tapi Bahagia. Apakah Valid?

Kita coba mulai dari pertanyaan mendasar ya. Apakah orang miskin tapi bahagia itu bener?

Jawabannya: Valid, tapi ga sepenuhnya bener.

Kita coba bahas ya.

Gue menemukan satu penelitian yang ngejelasin kalau penghasilan itu sebenernya erat banget kaitannya sama makna hidup. Jadi, meskipun ada orang yang penghasilannya rendah, mereka tetep bisa merasakan kebahagiaan kalau memandang hidup sebagai sesuatu yang positif.

Nah, ini yang terjadi sama orang-orang Jogja sekarang. Kita semua tau kalau UMP Jogja itu jauh banget di bawah Jakarta. Tapi, mereka bisa bahagia karena punya makna hidup yang positif. Apalagi, mereka juga punya filosofi ‘nrimo ing pandum’, yang akhirnya bikin orang-orang Jogja lebih ikhlas menerima keadaannya.

Pertanyaannya, apakah orang-orang yang miskin udah pasti bahagia? Jawabannya: enggak.

Ga semua orang yang berpenghasilan rendah bisa sebahagia orang Jogja cuy wgwg. At least dari riset yang gue temukan, ada 2 jenis orang miskin.

Pertama, orang miskin dari lahir.

Artinya, ini tipe orang yang tumbuh dengan banyak keterbatasan sumber daya dan kesempatan–mulai dari edukasi, fasilitas kesehatan, sampe ke opsi makanan sehat dan pakaian yang bersih dan proper.

Nah, orang-orang yang miskin dari lahir, itu cenderung berpotensi mengalami stres dan trauma, yang bakal ngasih dampak negatif ke perkembangan pikiran dan emosionalnya. Tapi, kondisinya bisa jadi lebih baik kalau orang tua dan keluarganya bisa menuhin kebutuhan utama mereka, dan punya pandangan hidup yang positif.

Kedua, orang kaya yang jatuh miskin.

Nah, jenis kedua ini adalah kondisi ketika ada orang kaya atau berpenghasilan cukup, tiba-tiba jadi miskin karena berbagai faktor–mulai dari PHK, sakit, atau pandemi. Kayak di pas covid lagi naik-naiknya, banyak orang yang kondisi finansialnya terpukul parah akibat lockdown.

Tapi, orang-orang yang jatuh miskin itu punya chance buat comeback lebih besar dibandingkan orang-orang yang emang miskin dari lahir. Dari riset yang gue temuin, orang kaya yang jatuh miskin itu pernah ngerasain akses dan fasilitas yang oke sebelumnya. Yang akhirnya, ini ngaruh ke mindset dan action plan mereka selanjutnya.

So intinya, orang miskin tuh sebenernya bisa bahagia, dan itu ngasih dampak positif ke kehidupan mereka. But at some cases, jadi miskin tapi bahagia tuh bisa ngebahayain hidup kita. Kenapa?

Miskin Bahagia Hanyalah Ilusi!

Gue mau cerita sedikit tentang anak perempuan bernama Amina. Dia gadis berusia 12 tahun yang tinggal di Afrika–tepatnya desa kecil di daerah Ethiophia. Amina adalah anak pertama dari 6 bersaudara, yang keluarganya struggling karena masalah finansial.

Amina dulu adalah gadis kecil yang sehat dan ceria. Tapi sayangnya, beberapa bulan setelah dia ulang tahun yang ke 12, Amina mengalami sakit perut yang parah dan bengkak. Khawatir sama kondisinya, orang tua Amina ngebawa dia ke klinik terdekat, yang mana orang tuanya harus jalan kaki berjam-jam buat sampe sana.

Sesampainya di sana, dokter bilang kalau Amina diduga mengalami penyakit yang serius dan berbahaya. Dokter juga bilang kalau Amina harus di bawa ke rumah sakit yang lebih besar karena klinik dokter itu ga punya perlatan yang memadai buat melakukan operasi.

Orang tua Amina sangat terpukul ngedenger berita itu. Bukan karena jarak rumah sakitnya yang berpuluh-puluh kilometer dari mereka. Karena ya mereka bisa aja jalan kaki walau jauh banget. Tapi, keluarganya kaga punya uang yang cukup buat biaya operasi Amina. Akhirnya, mereka pulang ke rumah dan kaga tau apa yang harus mereka lakuin selanjutnya.

Semakin hari, kondisi Amina semakin parah. Akhirnya, orang tuanya mulai nyari bantuan ke komunitas-komunitas kemanusiaan. Beruntungnya, Amina dapet bantuan dari NGO dan dapet donasi juga dari masyarakat sekitar. Akhirnya, Amina bisa mendapatkan perawatan dan operasi yang dia butuhkan.

Cerita ini nunjukkin betapa beratnya tantangan yang harus dihadepin sama orang-orang Afrika terkait masah kesehatan. Banyak orang Afrika yang sakit dan akhirnya meninggal karena terlalu miskin dan ga mampu buat bayar rumah sakit.

Dari sini juga kita bisa belajar, sudah sewajarnya orang yang ngadepin masalah atau tantangan ngerasa stres dan tertekan. Apalagi orang-orang Afrika tadi yang masalahnya udah nyangkut sama nyawa seseorang.

Tapi di sisi lain, banyak negara-negara maju yang berpikiran kalau warga Afrika tuh sebenernya bisa hidup lebih bahagia daripada mereka yang hidup dengan segala kemudahan akses dan fasilitas. Apakah benar gitu?

Jawabannya: Valid.

Ada satu penelitian yang dilakuin ke rakyat Afrika, yang ngejelasin kalau sebenernya orang yang punya masalah kesehatan fisik kronis itu berpotensi buat punya level kebahagiaan yang sama dengan mereka yang sehat fisik. Tapi, si orang-orang sakit ini ga sadar kalau mereka juga bisa bahagia.

Sama halnya kayak orang dengan masalah finansial. Orang-orang yang hidup dengan kemiskinan itu sebenernya punya potensi buat punya level bahagia yang setara dengan orang kaya. Tapi, karena mereka ngerasa hidupnya banyak masalah dan sengsara, akhirnya hal itu yang bikin hidup mereka stres mulu.

Nah, di sini letak bahayanya. Sudah sewajarnya orang yang punya masalah tuh tertekan. Tapi di beberapa kasus, bisa jadi ada juga orang miskin yang punya masalah itu malah bahagia karena mereka belum aware aja kalau sebenernya di depan mereka tuh ada tantangan dan ancaman yang bisa membahayakan hidup mereka. Atau udah aware tapi milih buat pasrah, bersyukur, dan ga berusaha menyelesaikan masalah itu.

Kenapa hal ini jadi penting? Karena gini, sekarang kita hidup di dunia yang mostly menerapkan sistem kapitalisme–yang artinya survive atau engganya kita ditentukan sama seberapa banyak resources yang kita punya. Mulai dari duit, koneksi, intelegensi, dsb.

Kalau misalnya sekarang lo ga punya banyak resources, apalagi kalo buat makan aja lo masih susah, dan lo pasrah sama kondisi itu, in the long run bisa jadi hidup lo bakalan susah. Apalagi kalau lo kaga punya skill yang relevan sama kebutuhan industri, bisa jadi lo bakal susah juga buat dapet kerja dan punya penghasilan.

“Tapi bang, orang-orang Jogja bisa bahagia. Itu gimana?”

Kalau kita coba kaitin sama case orang Jogja yang berpenghasilan rendah tapi bahagia, itu bukan berarti kalau kita nerapin jalan hidup orang Jogja kita bakal langsung bahagia juga. Kenapa? Karena circumstances orang Jogja itu beda sama lo yang mungkin tinggal di ibu kota dan sekitarnya. Apalagi kalo beda negara, bisa jadi ada beberapa aspek yang ga relevan.

Orang Jogja itu komunitasnya kuat banget. Menurut pengamatan Gue yang sempet tinggal di Jogja juga, orang-orang sana tuh bisa survive karena budaya gotong royongnya kuat. Tetangganya susah, dibantuin. Tetangganya dagang sesuatu, dibeli. Intinya, pada saling membantu lah.

Tapi, gimana kondisinya kalau lo susah terus ga ada yang bisa bantu? Gimana kalau misalnya ga ada satupun orang yang bisa membantu Amina pas dia harus operasi? That’s why, punya resources yang cukup jadi penting banget.

Filosofi Hustle tapi Santuy

Banyak orang, terutama orang-orang di negara maju yang udah aware sama tantangan dari sistem kapitalisme ini. Dari sini, akhirnya lahirlah satu kebiasaan masyarakat yang disebut hustle culture.

Simpelnya, hustle culture itu istilah yang dipake buat ngejelasin orang yang kerja keras dan secara konstan striving buat ngejar banyak kesuksesan buat mencapai goals-nya. Mulai dari kerja lebih dari 8 jam, ngorbanin waktu me time dan keluarga, sampe ke nge-push dirinya sendiri buat terus improve.

Tapi masalahnya, ga semua orang ngerti cara hustle yang bisa jadi akhirnya terlalu santuy dan pasrah. Atau ada juga orang yang udah ngerti, tapi turns out malah jadi gampang stres, burnout, jompo, dan rentan kena masalah kesehatan mental juga. Kalau udah gini, apa yang bisa dilakuin?

Respon Satu Persen terkait fenomena ini

Merespon fenomena ini, akhirnya Satu Persen mencoba buat develop dan mempopulerkan filosofi baru yang disebut ‘Hustle tapi Santuy’. Artinya, lo hidup hustle banget, tapi di saat yang bersamaan lo juga bisa santuy banget dan nikmatin hidup.

Menurut gue, filosofi hustle tapi santuy ini cukup adaptif buat diterapin di sistem kapitalisme sekarang. Meskipun filosofi ini juga bisa jadi bakal ga relevan dalam beberapa tahun selanjutnya, but at least menurut gue ini salah satu opsi terbaik yang bisa kita pilih.

Gimana cara nerapin filosofi ini? Nah, hal pertama yang wajib lo lakuin adalah identifikasi kekurangan dan kelebihan lo dulu. Simpelnya, lo itu lemahnya di aspek hustle atau di aspek santuy?

Kalau lo ngerasa lemah di aspek santuy, berarti lo bisa coba buat belajar cara istirahat, having fun, dan nikmatin hidup. Yang mana kalau base on kurikulum level 3 Satu Persen, lo bisa coba eksplor soal:

  • Entertainment & hobbies → Cari hal atau aktivitas yang bisa bikin lo bahagia. Misalnya traveling, olahraga, main game, etc.
  • Mental health → Bisa belajar meditasi, mindfulness, dsb. Atau, lo juga bisa nyoba konsultasi mentor/psikolog tentang masalah kesehatan mental lo.
  • Meaningful relationship → Intinya coba cari pasangan sih wgwg, terutama buat lo yang jomblo ya. Atau buat lo yang sekarang udah punya pasangan, bisa coba buat upgrade kualitas hubungan lo sama pasangan.

Sebaliknya, kalau lo ngerasa lemah di aspek hustle, berarti lo bisa coba buat belajar cara yang efektif buat produktif. Yang mana kalau base on kurikulum level 3 Satu Persen, lo bisa coba eksplor soal:

  • Philosophy & meaning of life
  • Personal growth & career → Lo bisa mulai banyak belajar tentang self-improvement, leadership, produktivitas, dsb. yang bisa ngebantu menunjang karir lo sekarang.
  • Personal finance → Gak cuma short-term, lo juga bisa mulai nyoba budgeting yang ngasih benefit buat long-term lo. Misalnya dana pensiun, atau juga alokasi dana buat upgrade diri yang juga bisa jadi investasi jangka panjang.

Ngomong-ngomong soal personal finance, mau itu hustle atau santuy, menurut gue duit jadi hal yang krusial banget sih. Ya iya uang bukan segalanya. Tapi, segalanya butuh uang cuy wgwg.

Jadi gitu ya kurang lebih pembahasan gue tentang miskin tapi bahagia. Kita juga udah upload videonya di Youtube jadi lo bisa tonton sampai habis. Akhir kata, gue Jhon, thanks.

Bagikan artikel

Disclaimer

Jika Anda sedang mengalami krisis psikologis yang mengancam hidup Anda, layanan ini tidak direkomendasikan.

Silakan menghubungi 119.