Cara Menghadapi Pasangan yang Punya Sehat Mental

Pasangan
Ocky Jhon
8 Sep 2023

Beberapa waktu lalu, gue sempet liat sebuah tweet tentang “takut ga si deket sama cewek/cowok yang tiap bulan nya harus kontrol ke psikiater?”. Tanggapan netizen ada yang pro, ada juga yang kontra.

Dari fenomena ini, gue melihat ada hal menarik untuk dibahas: Wajar gak sih kalau kita ngerasa takut sama orang yang, dalam tanda kutip ya, “bermasalah”? Dan yang menurut gue lebih penting lagi: apa yang sebaiknya dilakukan ketika kita punya teman atau pasangan yang punya masalah kesehatan mental?

Nah makanya lo baca artikel ini sampai habis, biar lo dapet insight-nya secara utuh.  

Apa yang ada dipikiran lo kalo mendengar orang dengan gangguan mental?

Apakah orang yang penampilannya acak-acakan dan suka ngemper di pinggir jalan? Orang yang berbahaya? Suka melakukan tindakan kriminal?

Well, hal-hal yang gue sebut tadi bisa dibilang adalah gambaran banyak orang tentang orang dengan gangguan mental. Nah, kalo menurut beberapa paper dan artikel yang gue baca, gambaran dan stigma negatif tentang orang-orang yang punya masalah kesehatan mental inilah yang jadi penyebab kenapa takut dan menghindar adalah respon yang cukup umum saat berhadapan dengan orang dengan gangguan mental.

Misalnya aja, orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) sering dianggap berbahaya karena berpotensi melakukan perilaku kekerasan yang tidak terduga. Dari situ orang jadi takut dan menganggap mereka sebagai ancaman keselamatan umum.

Padahal sebenernya justru orang-orang dengan gangguan jiwa ini lebih sering menerima tindak kekerasan dari orang lain. Bahkan di daerah-daerah banyak yang akhirnya dipasung sama keluarganya.

Pertanyaan berikutnya: kenapa sih bisa muncul stigma dan ketakutan-ketakutan kayak tadi? Secara umum ada dua hal yang paling banyak diangkat. Pertama adalah kurangnya pemahaman atas masalah kesehatan mental. Menurut gue ini cukup wajar mengingat hal-hal kayak gini bukan hal yang umum diajarin secara luas. Untungnya beberapa tahun belakangan sudah mulai banyak yang aware atas masalah ini.

Kedua adalah penggambaran yang kurang tepat atas orang-orang dengan gangguan mental di media. Baik itu di media massa, media sosial, atau media hiburan. Image-image tentang orang dengan gangguan mental yang suka melakukan kekerasan dan tindak kriminal tuh cukup umum ditampilkan di media.

Nah jadi kebayang ya, udah mah gak ada yang ngajarin, sekalinya dapet informasi di media mungkin kurang tepat. Atau minimal kurang menyeluruh lah. Makanya menurut gue cukup dapat dipahami kalo pada akhirnya banyak orang yang takut dan menghindari orang-orang dengan gangguan mental.

Wajar gak sih kalo kita pada akhirnya memilih menjauhi orang-orang yang “bermasalah”?

Well, menurut gue ini pertanyaan yang cukup tricky. Di satu sisi dapat dipahami bahwa ketika orang merasa takut dan terancam, menghindar bisa dibilang sebagai respon alami untuk melindungi diri.

Setiap orang mungkin punya batasan sendiri-sendiri dan bebas juga buat bersikap atas sesuatu. Tentu aja selama enggak ngerugiin apalagi nyakitin siapapun. Misalnya aja lo jadi ngelemparin batu atau ngeluarin kata-kata jahat, itu lain cerita.

Hal lain yang mungkin perlu diinget juga adalah ngasih bantuan atau jadi caregiver orang dengan gangguan mental bukan hal yang mudah dan sederhana. Dalam beberapa kasus mungkin juga bisa turut mengurangi kesejahteraan caregiver-nya. Makanya sebenernya pertanyaan tadi bakal lebih challenging kalo kasusnya adalah orang terdekat kita yang punya masalah kesehatan mental. Entah itu temen, keluarga, atau pasangan.

Di sisi lain, ngebiarin dan ngejauhin orang dengan gangguan mental mungkin bisa bikin gak nyaman nurani banyak orang. Terlebih kalo itu terjadi sama orang-orang terdekat kita. Oke mungkin gue perlu untuk narik analogi yang agak jauh dulu.

Gue cukup yakin kalo setiap orang pasti punya masalahnya masing-masing. Mungkin gak harus masalah kesehatan mental. Ada yang punya masalah kesehatan fisik, masalah finansial, masalah sosial, dan lain sebagainya.

Kalo coba kita refleksiin, gimana sih perasaan kita kalo semua orang, terutama circle terdekat kita,  malah menjauh karena masalah kita? Well, mungkin gak enak ya rasanya, terutama saat kita expect buat dapet support. Padahal di satu sisi, social support yang baik sebenernya berhubungan dengan kualitas kesehatan mental yang lebih baik.  

Terlepas dari dua sisi tadi, menurut gue memberikan support kepada orang terdekat yang lagi punya gangguan kesehatan mental adalah sesuatu yang layak untuk dicoba. Terutama buat mereka yang memang menunjukkan usaha untuk menangani masalahnya secara konstruktif, misalnya dengan rutin ke profesional.

Soalnya gini: kayak udah kita bahas sebelumnya, orang-orang dengan gangguan kesehatan mental mungkin menerima berbagai stigma dan perlakuan tidak menyenangkan. Gak cuma dari orang lain, tapi juga bahkan dari diri sendiri. Mungkin butuh keberanian ekstra buat akhirnya memutuskan mencari bantuan.

Support yang kita kasih bisa jadi semacam apresiasi sekaligus penguat juga buat mereka meneruskan usaha mereka mengatasi masalahnya. Again, tentu dengan catatan kita juga dalam kondisi yang siap dan memungkinkan buat ngasih support.

Terus, apa yang nih yang bisa dilakuin buat nge-support temen atau pasangan yang punya masalah kesehatan mental?

Well, sebenernya jawabannya cukup tergantung dari apa jenis masalah atau gangguannya.

Gangguan kecemasan mungkin beda dengan depresi, gangguan mood, atau schizophren. Konsultasi dengan psikolog atau psikiater jadi hal yang cukup krusial, gak cuma buat orang yang punya masalah tapi mungkin juga buat caregiver. Tapi secara umum ada beberapa hal yang direkomendasikan oleh NHS atau layanan kesehatan masyarakat UK. Gue gak berhasil nemu panduan dari organisasi di Indonesia, mungkin buat lo yang punya informasinya bisa juga share di kolom komentar.  

  1. Nyatakan concern lo dan sampaikan kalo lo mau bantu. Menyampaikan kekhawatiran lo atas kondisinya bisa jadi awalan yang baik. Dengan menyatakan bahwa lo pengen ngebantu, lo juga sekaligus ngasih pesan bahwa dia gak harus menghindari lo karena masalahnya.
  2. Tawarkan bantuan yang dibutuhkan. Bentuk social support sebenernya bisa macem-macem. Bisa bentuknya emotional support kayak lo ngasih ruang cerita, ngedengerin masalahnya tanpa nge-judge, atau ngasih assurance dan penguatan. Bisa yang bentuknya instrumental support kayak bantuin dia ngelakuin kegiatan sehari-hari yang gak bisa dia lakuin karena kondisinya. Misalnya kayak nyiapin makanan atau ngebersihin lingkungan tinggalnya. Atau bisa juga informational support kayak ngasih rekomendasi dan info bantuan profesional yang bisa jadi opsi buat dia. Lo juga bisa ajak dia buat pergi ke profesional buat konsultasiin masalahnya. Misalnya konsultasi psikolog di Satu Persen. Silakan sesuaikan jenis support yang mau ditawarin dengan kebutuhan dia dan batas kemampuan lo.    
  3. Jangan paksakan jika dia enggak mau dibantu. Sangat mungkin kalo orang yang mau lo bantu justru gak mau buat dibantu atau sekadar nyeritain masalahnya. Dalam situasi kayak gitu, mungkin menghormati keinginannya itu justru adalah support yang bisa lo berikan. Tentu aja bukan berarti kita tinggalin full, lo juga bisa secara berkala ngecek keadaannya dan bilang kalo lo siap bantu pas dia pengen dibantu.
  4. Sadari bahwa proses healing butuh waktu. Kalo misalnya dia mau untuk dibantu, hal yang perlu diinget adalah mungkin proses healing-nya bisa memakan waktu yang gak sebentar. Lo mungkin perlu kesabaran buat ngedampingin atau ngasih support tertentu. Terlebih kalo mood atau kondisinya naik turun, yang mana bisa aja berpengaruh ke reaksinya sama caregiver yang ngedampingin.
  5. Perhatikan juga diri sendiri. Lo gak harus ngorbanin diri sendiri buat ngasih bantuan ke orang lain. Sadari batasan lo dan tetap sediakan waktu buat diri sendiri.

Nah itu mungkin beberapa hal yang bisa lo pertimbangkan terkait isu ini. Akhir kata, takut dan ingin menghindar mungkin adalah reaksi yang umum saat menghadapi orang dengan masalah kesehatan mental.

Tapi jangan sampe reaksi-reaksi tadi menghalangi niatan lo buat ngedukung orang-orang terdekat mengatasi masalah kesehatan mental yang lagi dihadapinya. Tentu dengan catatan diri lo emang siap dan tetap perhatikan juga kesejahteraan diri lo sendiri.

Sekian dari gue. Gue Jhon dari Satu Persen, thanks.

Bagikan artikel

Disclaimer

Jika Anda sedang mengalami krisis psikologis yang mengancam hidup Anda, layanan ini tidak direkomendasikan.

Silakan menghubungi 119.